Peringatan HLH Momentum Perkuat Komitmen Jaga Alam

KalbarOnline, Kubu Raya – Menyemarakkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya membagikan bibit pohon buah dan menggelar kegiatan jalan sehat, pada Jumat (21/06/2024).

Ratusan warga, pelajar dan pegawai pemerintah daerah antusias mengikuti kegiatan yang dilepas langsung oleh Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman itu, di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Syarif Kamaruzaman mengatakan, bahwa peringatan HLH menjadi momen untuk menguatkan komitmen bersama dalam menjaga kelestarian alam.

“Karena ada simbiosis mutualisme (antara manusia dan alam). Diberikannya bibit tanaman buah-buahan ini merupakan wujud konkret untuk melestarikan lingkungan yang hijau dan sehat,” kata Kamaruzaman usai mengikuti jalan sehat.

Baca Juga :  Gandeng DPMPTSP DKI Jakarta, Pemkab Kubu Raya Fokus Bangun WPB

Dirinya menuturkan, kegiatan menanam tanaman buah ini diharapkan menjadi tradisi bagi Kabupaten Kubu Raya demi keberlangsungan hidup dan kemanfaatan generasi ke depannya.

“Kita berharap momen peringatan Hari Lingkungan Hidup ini tidak hanya sebuah seremonial, tapi ada hal-hal yang konkret yang bisa kita lakukan untuk menjaga keseimbangan alam ini. Makanya ini adalah momen untuk menjaga kondisi lingkungan tetap stabil dan memberikan manfaat buat semua,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kubu Raya, Dedy Hidayat mengatakan, jalan sehat yang digelar pihaknya merupakan bagian dari agenda peringatan HLH Sedunia yang diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya.

“Pada momentum HLH ini, kami ingin mengingatkan masyarakat betapa pentingnya kita melakukan pengelolaan dan perlindungan lingkungan. Dengan memiliki lahan gambut terluas di Kalimantan Barat, maka Kubu Raya harus mampu mengelola dan memanfaatkan lahan gambut yang dimiliki,” ucap Dedy.

Baca Juga :  Kembalikan Kejayaan Beras Lokal, Distan Kubu Raya Ajak Masyarakat Galakkan Gotong Royong Bertani

Ia menambahkan, pembagian bibit tanaman buah-buahan juga sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam berkontribusi melestarikan alam dan lingkungan hijau.

“Bibit tanaman yang dibagikan oleh Pj Bupati Kubu Raya ini merupakan bantuan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kubu Raya yang menjadi stimulan agar warga gemar menanam untuk penghijauan di sekitar lingkungannya,” kata Dedy. (Jau)

Comment