Disdikbud Kalbar Kembali Buka 12 Sekolah Baru Tahun Ini

Tingkatkan Angka Partisipasi Peserta Didik

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka meningkatkan partisipasi peserta didik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalbar terus melakukan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan di berbagai daerah.

Setelah sebelumnya membuka dua sekolah khusus atau filial, kini Disdikbud Provinsi Kalbar akan kembali membuka 12 sekolah baru pada tahun ini.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Ada 12 unit sekolah baru yang kami buka tahun ini. Tujuannya dalam rangka peningkatan akses pendidikan dan meningkatkan angka partisipasi sekolah melalui pemenuhan sarana prasarana,” kata Kepala Disdikbud Provinsi Kalbar, Rita Hastarita, Selasa (25/06/2024).

Berikut 12 unit sekolah baru yang akan dibuka tersebut:

  1. SMKAN 1 Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu.
  2. SMKAN 1 Ambalau Kabupaten Sintang.
  3. SMKN 1 Ketungau Hilir Kabupaten Sintang.
  4. SMKN 1 Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya.
  5. SMAN 2 Bonti Kabupaten Sanggau.
  6. SMAN 2 Ketungau Hulu Kabupaten Sintang.
  7. ⁠SMAN 4 Ketungau Tengah Kabupaten Sintang.
  8. SMAN 4 Kubu Kabupaten Kubu Raya.
  9. SMAN 5 Kubu Kabupaten Kubu Raya.
  10. SMAN 5 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.
  11. SMAN 13 Pontianak.
  12. SMAN 14 Pontianak.
Baca Juga :  Penjelasan Gubernur Soal Penataan Halaman Pendopo Rp6.8 Miliar

Rita menyampaikan, pembukaan 12 unit sekolah baru ini diharapkan mempercepat pemerataan pendidikan, khususnya di wilayah sulit akses di Kalbar.

“Tahun depan, kami juga akan membuat unit sekolah baru lagi. Dengan banyak sekolah berdiri di Kalbar, ke depan akan memudahkan siswa untuk mendapatkan pendidikan,” tutup Rita.

Baca Juga :  Galeri dan Jogging Track Percantik Hutan Kota Komplek Pendopo Gubernur

Sebelumnya, dua sekolah filial yang juga dibuka tahun ini yaitu SMAN Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang yang menginduk di SMAN 1 Sungai Raya Kepulauan, dan SMAN Desa Pelita Jaya Kabupaten Kubu Raya yang menginduk ke SMAN 1 Kubu.

Sekolah filial merupakan sekolah dengan kelas yang dibuka di luar sekolah induk. Sekolah filial diperuntukan untuk siswa-siswi yang tidak tertampung di sekolah induk, baik karena keterbatasan kursi (ruang kelas) atau jarak tempat tinggal siswa-siswi yang jauh. (Jau)

Comment