Ani Sofian Dilantik Jadi Pj Ketua Mabicab Pramuka Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian resmi dilantik sebagai Pj Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Pontianak.

Prosesi pelantikan ditandai dengan penyematan tanda kehormatan oleh Wakil Ketua Orgakum Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Barat (Kalbar), Kakak Syarif Amin Muhammad kepada Pj Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Pontianak, Kakak Ani Sofian, di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak, Sabtu (22/06/2024).

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Ani Sofian mengungkapkan, meski amanah yang diberikan kepada dirinya selaku Pj Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Pontianak terbilang singkat, namun dirinya ingin berkontribusi untuk kemajuan gerakan pramuka di Kota Pontianak.

Ia berharap, kegiatan pramuka tidak terkesan monoton. Oleh karena itu, sudah saatnya pramuka melakukan gebrakan dan inovasi di luar program-program yang sudah berjalan. Tidak hanya terpaku pada program yang sudah ada, tetapi bagaimana peran Pramuka memberikan manfaat, baik bagi organisasi maupun masyarakat sekitar.

“Ke depan yang perlu dimatangkan adalah bagaimana program kegiatan ini sentuhan itu langsung kepada masyarakat,” ujarnya usai dilantik selaku Pj Ketua Mabicab.

Baca Juga :  Terima Anugerah One Map Policy, Menteri AHY Tegaskan Komitmen Implementasi Percepatan Kebijakan Satu Peta

Menurutnya, anggota pramuka jangan hanya semata berpikir bagaimana mengembangkan organisasi, akan tetapi bagaimana peran pramuka bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Oleh karenanya, sudah saatnya pramuka terlibat dalam program-program pemerintah terkini.

Dia menyebut, ada tiga hal krusial yang menjadi program Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, yakni penanganan stunting, pengendalian inflasi dan menurunkan angka kemiskinan ekstrem.

“Tidak menutup kemungkinan Pramuka bisa menjalankan perannya dalam program-program tersebut,” ujarnya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh Pramuka dalam menjalankan perannya di masyarakat. Misalnya, lanjut Ani Sofian, bagaimana pramuka memberikan contoh teladan bagi generasi muda untuk menjadi promotor membuka peluang usaha atau entrepreneur.

“Dengan demikian pramuka mampu mandiri dan memiliki kemampuan dalam mengelola organisasi menjadi lebih luas,” terangnya.

Ani Sofian juga menekankan pentingnya soal kedisiplinan di kalangan pramuka yang harus senantiasa tertanam. Sebab dengan kedisiplinan, pramuka tumbuh menjadi jiwa yang berkarakter.

Baca Juga :  Pemkot Gelar Sosialisasi PBG dan Penyerahan Bantuan Operasional kepada Ratusan RT/RW se-Kecamatan Pontianak Selatan

“Disiplin menjadi kunci keberhasilan seseorang jika ingin maju, dari kegiatan pramuka ini kita bisa belajar mendisiplinkan diri,” imbuhnya.

Wakil Ketua Orgakum Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalbar, Kakak Syarif Amin Muhammad menyampaikan ucapan selamat kepada Kakak Ani Sofian yang telah resmi dilantik selaku Pj Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Pontianak.

“Tugas pokok dari Mabicab adalah memberi bimbingan yang berarti, memberi arahan, saran, nasehat dan dukungan moral dalam upaya pembinaan bagi anggota pramuka,” ucapnya.

Dia menambahkan, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pontianak merupakan barometer pembinaan bagi kwarcab se-Kalbar. Banyak faktor yang membuat kwarcab Kota Pontianak menjadi barometer pembinaan anggota gerakan pramuka.

“Salah satunya terimplementasinya nilai-nilai kepramukaan yang dituangkan dalam pembinaan kepada anggota Pramuka  di tiap-tiap satuan pendidikan kepramukaan di Kota Pontianak,” pungkasnya. (Jau)

Comment