Wamenkes Tinjau Radioterapi RSUD Soedarso: Tidak Ada Lagi Alasan Berobat ke Luar Negeri

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono mengunjungi serta meninjau langsung layanan radioterapi untuk pasien kanker yang ada di RSUD Soedarso, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Kamis (20/06/2024).

Pada kunjungan tersebut, Dante meninjau secara menyeluruh setiap ruangan gedung radioterapi serta alat-alat yang tersedia di sana. Satu diantaranya adalah linear accelerator, yaitu alat yang menghasilkan radiasi sinar-X berenergi tinggi untuk pengobatan kanker.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Dante mengatakan, dengan adanya alat tersebut di RSUD Soedarso, diharapkan masyarakat Kalbar tak perlu lagi untuk berobat ke luar negeri seperti Kuching atau Sarawak. Sebab rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar itu sudah memiliki pelayanan bedah kanker, dan kemoterapi.

Baca Juga :  Zulfydar Sebut Partai Politik Berperan Besar dalam Pembangunan

“Ini (RSUD Soedarso) salah satu rumah sakit yang mendapatkan bantuan linex. Alat ini sebenarnya dapat digunakan secara maksimal untuk penduduk Kalbar yang selama ini berobat ke luar negeri, ke kuching, sarawak, pinang untuk menjalani proses radioterapi,” ungkapnya kepada awak media.

Linear accelerator, alat yang menghasilkan radiasi sinar-X berenergi tinggi untuk pengobatan kanker. (Foto: Lydia/KalbarOnline)

Lebih lanjut Dante sampaikan, dengan alat-alat yang sudah sediakan dan didirikan oleh kementerian kesehatan, maka diharapkan masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri. Sebab kata Dante, fasilitas yang terintegrasi untuk pelayanan kanker sudah ada di sini. Bahkan bisa digunakan dengan BPJS.

“Bisa digunakan untuk BPJS, sehingga nanti masyarakat di sini akan terpenuhi untuk pelayanannya. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk berobat ke luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga :  Direktur RSUD Soedarso Pastikan Pelayanan Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Operasional pelayanan radioterapi untuk pasien umum ditargetkan dimulai pada Juli bulan depan, sementara untuk pasien BPJS kesehatan dibuka pada Agustus 2024.

“Masih dalam proses pengembangan, linex baru satu nanti akan tambah satu lagi. Di sini sudah ada alat terapi kanker, nanti kita akan terus evaluasi dan dikembangkan,” tegasnya.

“Mudah-mudahan dengan kecukupan sarana dan prasarana ini RSUD Soedarso bisa terus berkembang dan maju. Terpenting masyarakat bisa menikmati dengan biaya yang terjangkau,” pungkasnya. (Lid)

Comment