Pj Gubernur Kalbar Resmikan GOR Terpadu Ayani Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Terpadu Ayani Pontianak yang berlokasi di kawasan Gelora Khatulistiwa Pontianak, Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, akhirnya diresmikan pada Minggu (16/06/2024) sore. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson.

Peresmian tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kalbar, para pejabat serta kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, para pengurus cabang-cabang olahraga dan atlet. Turut hadir pula Gubernur Kalbar periode 2018-2023 Sutarmidji.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Harisson menyampaikan, bahwa pengembangan dan pembangunan olahraga sedianya tidak hanya dilaksanakan melalui kompetisi, namun juga melalui penyediaan sarana olahraga yang baik untuk masyarakat dan atlet, berlatih serta melaksanakan berbagai event olahraga baik berskala nasional maupun internasional.

Harisson menyebut, bahwa ide pembangunan GOR Terpadu Ayani Pontianak, terinspirasi dari penataan kembali kawasan Gelora Khatulistiwa sejak tahun 2021, di mana pemerintah Provinsi Kalbar kata dia berupaya mengembalikan fungsi kawasan Gelora Khatulistiwa sebagai kawasan olahraga bagi masyarakat, sebagai komitmen dalam peningkatan pelayananan kepada masyarakat melalui fasilitas olahraga yang lebih luas dan lengkap.

Lebih lanjut dikatakan Harisson, bahwa GOR Terpadu Ayani Pontianak dibangun sesuai dengan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Standar Sarana dan Prasarana Olahraga.

Baca Juga :  Jateng Sumbang Angka Kesembuhan Covid-19 Tertinggi Nasional

“Gedung olahraga yang dibangun dengan kapasitas 4000 sampai dengan 5000 orang ini, dicanangkan pertama kali oleh Gubernur Kalbar Periode 2018 – 2023, Bapak Sutarmidji,” jelasnya.

Harisson menyatakan, kalau pembangunan GOR Terpadu Ayani ini dilaksanakan dalam dua tahap, pada tahun 2023 dan 2024. Pada tahun 2023, dimulai dengan pembangunan tahap satu dengan nilai fisik GOR Rp46 miliar lebih, dan kemudian dilanjutkan pembangunan tahap dua pada tahun 2024 dengan nilai Rp52 miliar lebih.Dalam kesempatan itu, atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar, Harisson turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari seluruh jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar dan semua pihak yang telah berkontribusi sehingga terwujud fasilitas olahraga type A di Kalimantan Barat.

“Gedung olahraga ini tidak hanya sebagai tempat latihan dan berkompetisi, namun juga dapat dimaksimalkan pemanfaatannya sebagai sport science. Ilmu olahraga dapat dikembangkan dan diaplikasikan di sini, dan nantinya tempat ini dapat menjadi tempat pembinaan para atlet untuk meningkatkan prestasi,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Gelar Workshop Kearsipan

Selain itu, GOR Terpadu Ayani Pontianak juga dilengkapi juga dengan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas, dengan tersedianya tribun khusus, toilet dan fasilitas pendukung lainnya serta didesain dengan tipikal gedung modern dan menampilkan kekhasan daerah melalui corak-corak etnis Kalbar.

“Yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan prestasi olahraga di Kalimantan Barat, serta menjadi fasilitas kebanggaan yang mendukung berbagai ajang olahraga bertaraf nasional maupun internasional sebagai penopang peningkatan ekonomi masyarakat melalui industri olahraga,” ucapnya.

Terakhir, dengan keberadaan GOR Terpadu Ayani Pontianak ini diharapkan menjadikan Kalbar semakin siap untuk menjadi tuan rumah bagi event-event olahraga bertaraf nasional maupun internasional.

“Tidak lama lagi Gedung Olahraga Terpadu Ayani Pontianak ini akan mencatat sejarah pertama dengan diselenggarakannya Kejuaraan Bola Voli Putaran Kedua ProLiga Tahun 2024, dan ini tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Barat untuk menjadi tuan rumah dan menyaksikan secara langsung event olahraga nasional,” tutup Harisson. (Jau)

Comment