Komunitas Energi Muda Dukung Sugioto Maju Wakil Wali Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Komunitas Energi Muda Pontianak menyatakan dukungannya kepada Sugioto untuk maju mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Pontianak pada pilkada serentak 2024.

Dukungan itu disampaikan saat Komunitas Energi Muda Pontianak menggelar dialog interaktif bertajuk “Membangun Ekonomi Pontianak Strategi dan Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan”, yang berlangsung di Aksara Coffee, Jalan Wak Dalek, Kota Pontianak, Jumat (14/06/2024).

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Asrovi Rizky selaku Ketua Energi Muda Pontianak menyebut bahwa Sugioto atau biasa dipanggil Rico merupakan sosok entrepreneur yang inspiratif. Ia berharap, sosok Rico dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pemuda, masyarakat dan bangsa.

“Energi Muda Pontianak adalah komunitas kepemudaan yang memiliki visi misi untuk meningkatkan soft skill pemuda Pontianak di berbagai bidang. Kami berharap, dengan diadakannya dialog ini bisa memberikan wawasan dan pengalaman dari narasumber yang luar biasa yaitu Bapak Sugioto,” ungkap Rizky.

Keberadaan Komunitas Energi Muda Pontianak sendiri bertujuan sebagai wadah bagi pemuda untuk mengekspresikan kreativitas dan inovasi mereka. Melalui dialog bersama narasumber kompeten, diharapkan dapat lebih memotivasi dan membekali kaum muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan sukses.

“Sehingga mereka dapat berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian kota. Kolaborasi antara berbagai pihak ini diharapkan mampu menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Rico dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Komunitas Energi Muda Pontianak. Ia pun bertekad menjadi aktor pembangunan di Kota Pontianak melalui jalur kepemimpinan di Kota Pontianak melalui pilkada serentak 2024.

Baca Juga :  Kapal Tanker Minyak Milik Pertamina Terbakar di Banjarmasin

Lebih lanjut, dalam dialog interaktif bersama komunitas, Rico turut memberikan motivasi dan inspirasi kepada para pemuda di Pontianak, ia menekankan pentingnya berusaha dan tidak mudah menyerah dalam mencapai cita-cita.

“Dulunya saya berusaha tanpa uang, tetapi dengan kepercayaan. Betapa susahnya saya saat itu, tetapi saya bisa berdiri di sini karena banyak pengalaman,” ungkapnya.

Terkait dengan visi misinya menjadi orang nomor dua di Kota Pontianak, Rico menyoroti kesenjangan sosial yang terjadi saat ini, yang menurutnya disebabkan oleh dua faktor utama, yakni kurangnya respons pemerintah dan sikap manusia itu sendiri.

Mengenai faktor manusianya, Rico mengatakan, bahwa sebenarnya bukan lapangan pekerjaan itu tidak tersedia, melainkan banyak pemuda yang ingin segala sesuatunya instan tanpa menunjukkan kompetensi dan bekerja dengan baik.

“Saya menjadi pelaku dan melihat beberapa pemuda melamar ke perusahaan, langsung menanyakan gaji tanpa menunjukkan kompetensi. Semua ingin serba instan, tetapi pemuda harus mau belajar dan berusaha. Saya bisa seperti ini karena prinsip saya, saya mau belajar apapun dan di manapun saya diposisikan,” jelasnya.

Selain itu, Rico juga menyampaikan pentingnya pendidikan dan kerja keras. Menurutnya, tujuan kuliah bukan hanya mendapatkan gelar, tetapi juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

“Kerja itu jangan pilih-pilih. Selama kita masih berpendidikan, tempuh pendidikan itu dengan baik dan alurkan prinsip kita kuliah. Saya tidak pernah memilih-milih pekerjaan, semua saya laksanakan,” tambahnya.

Baca Juga :  Anggaran Pilgub Kalbar 2018 Rp260 Miliar

Rico menekankan, bahwa kunci sukses adalah memiliki pemikiran dan prinsip yang jelas, serta kesiapan untuk bekerja keras dan tidak malas. Ia juga menyarankan para pemuda untuk membangun relasi bisnis dan mengasah kompetensi yang dimiliki.

“Yakinlah pada diri sendiri dan buka relasi bisnis, karena kita adalah makhluk sosial. Jangan gengsi, itu tidak ada harganya. Jadilah penerus bangsa yang baik dan mantap, untuk memajukan perekonomian bangsa melalui inovasi pemuda,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Rico mengajak para pemuda untuk berinovasi dan tidak bergantung pada orang lain. Menurutnya, dorongan inovasi dari pemuda sangat penting untuk memitigasi masalah ekonomi dan sosial yang ada.

“Mari bersama-sama mengakselerasi pembangunan ekonomi Pontianak yang berkelanjutan dengan menerapkan strategi inovatif dan berkolaborasi erat antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta,” kata Rico.

“Tujuannya adalah untuk menciptakan kesejahteraan yang merata, peningkatan kualitas hidup, serta kemajuan yang berkesinambungan bagi seluruh warga Kota Pontianak, khususnya kaum muda yang memiliki semangat membara,” tambahnya.

Demi memajukan perekonomian di Kota Pontianak, peran kaum muda dinilainya sangat penting dan tidak bisa diabaikan.

“Karena itu, penting bagi kaum muda di kota ini untuk dibekali dengan jiwa kewirausahaan agar tidak hanya terfokus pada keinginan menjadi pegawai,” tutup Rico. (Jau)

Comment