Spesifikasi BAIC BJ40 Plus, Mirip dengan Jeep Wrangler

KalbarOnline – BAIC BJ40 pertama kali memasuki sorotan dunia pada Beijing Auto Show 2010 sebagai sebuah konsep dengan varian wheelbase pendek. Desainnya yang menyerupai Jeep Wrangler menuai kontroversi dan kritik karena dianggap sebagai tiruan dari jip legendaris tersebut.

Namun, BAIC tetap teguh dengan pendiriannya dan meluncurkan model produksinya di Guangzhou Auto Show 2013. Sejak itu, model ini terus bertahan bahkan telah memasuki generasi kedua.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Meskipun kontroversial karena kemiripannya dengan Jeep, BAIC BJ40 memiliki alasan historis di balik desainnya yang mirip. Pada tahun 1980-an, Beijing Automotive Engineering Company, yang kemudian menjadi BAIC, menjalin aliansi dengan Jeep, sehingga nama BJ digunakan, yang merupakan singkatan dari Beijing-Jeep. Sekarang, BJ40 Plus, model terbaru yang telah mengalami facelift sejak tahun 2019, siap memikat pasar Indonesia.

Baca Juga :  Menteri Erick: Vaksin Covid-19 Aman, Berkhasiat, Halal

BJ40 Plus adalah versi long wheelbase dengan lima pintu, mirip dengan Jeep Wrangler Unlimited. Namun, perbedaannya terletak pada desain fasad yang lebih modern dengan lampu kotak yang menggunakan teknologi LED. Dimensinya sedikit lebih kompak dibandingkan dengan Wrangler Unlimited, namun tetap menawarkan keunggulan dalam kemampuan off-road yang tangguh.

Dalam kokpit, BJ40 Plus memberikan kesan yang mengingatkan pada Wrangler atau Mercedes G-Class dengan posisi duduk yang tinggi dan tegak, memudahkan pengawasan area sekitar. Meskipun kabinnya tidak terlalu luas dan lantai tingginya memerlukan usaha ekstra untuk masuk ke kursi depan atau belakang, material berkualitas tinggi dan konstruksi yang solid menjadi nilai tambah.

Ditenagai oleh mesin turbo 4-silinder 2.000 cc yang mampu menghasilkan 221 hp dan torsi 380 Nm, BJ40 Plus menawarkan performa yang patut diacungi jempol. Transmisi otomatis 8-percepatan dari ZF memberikan perpindahan gigi yang cepat namun tetap halus, sementara sistem 4×4 part-time dengan pengaturan melalui transfer case elektrik memungkinkan perubahan mode dengan mudah.

Baca Juga :  Tahun Ini Hyundai Akan Luncurkan 2 Model Mobil Listrik di Indonesia

Harga resmi BJ40 Plus oleh BAIC Indonesia belum diumumkan, namun diperkirakan akan berada dalam kisaran Rp 800 juta, jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Jeep Wrangler Unlimited. Hal ini menjadikan BJ40 Plus sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang mendambakan sensasi Jeep Wrangler namun memiliki keterbatasan dana.

Dengan kombinasi antara desain yang menarik, performa yang tangguh, dan harga yang terjangkau, BJ40 Plus siap menjadi pesaing serius di pasar SUV Indonesia. (Jau)

Comment