Arjuna, Sapi Kurban Presiden Jokowi dari Ambawang Berbobot 1,3 Ton

KalbarOnline, Pontianak – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) kembali menyalurkan sapi untuk dikurbankan pada hari Raya Idul Adha di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Kalimantan Barat. Tahun ini sapi yang terpilih berasal dari peternakan di Sungai Ambawang, Kubu Raya.

Romli Ayadi selaku peternak, mengaku senang dan tak menyangka bahwa sapi miliknya yang bernama Arjuna dibeli oleh presiden untuk jadi hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah nanti.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Alhamdulilah saya tidak menyangka bisa terpilih oleh Bapak Presiden untuk kurban tahun ini di Kalbar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bamsoet Singgung Sejumlah Masalah Pembelajaran Daring

Sapi tersebut berjenis sapi limosin berusia 3,5 tahun dengan berat 1,3 ton. Dari perawakannya, sapi gempal berwarna cokelat ini terlihat sehat dan lincah.

Romli mengatakan, setiap hari Arjuna diberi makan secara teratur 2 kali sehari. Makananya adalah ampas sagu yang dicampur dengan ampas tahu dan singkong. Singkong digiling lembut lalu diberi air sekitar 15 liter.

“Pagi jam 7 makan, lalu jam 11 cemilan rumput. Sore makan lagi, lalu pas magrib diberi rumput lagi,” kata Romli.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Raih Gelar Juara Stand Terbaik di Ajang Apkasi Otonomi Expo 2023

“Kasi makan jangan sampai terlalu kenyang, biar dia tidak terlalu obesitas,” tambahnya.

Selain diberi makanan khusus, Romli mengungkapkan, Arjuna juga mengkonsumsi jamu khusus sebagai multivitamin untuk menjaga kesehatan sapi agar tidak mudah terserang penyakit.

Hewan kurban ini nantinya diserahkan ke Masjid Agung Syuhada Kabupaten Bengkayang. Masjid ini menjadi satu-satunya masjid di Kalbar yang mendapat hewan kurban dari Presiden. (Lid)

Comment