Tingkatkan Literasi Anak, Pj Bupati Kubu Raya Apresiasi Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengapresiasi pelaksanaan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kabupaten Kubu Raya yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kubu Raya di Aula Kepong Bakol DPMD Kubu Raya, Selasa (11/06/2024).

“Kegiatan ini dalam rangka pengembangan literasi. Karena kita tahu bahwa dengan pengembangan literasi ini, kita dapat mengukur kemampuan anak dalam belajar dan membaca sehingga dia mampu menyampaikan kembali (apa yang dibaca),” kata Kamaruzaman usai menutup lomba tersebut.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Kamaruzaman mengaku optimis, bahwa lomba bercerita akan dapat meningkatkan minat baca anak di Kubu Raya. Sebab lomba berskala kabupaten itu diikuti oleh para peserta terbaik yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada.

Baca Juga :  Polsek Sungai Kakap Tangkap Panitia Judi Sabung Ayam dan Kolok-kolok

Alhamdulillah, ini pelaksanaan di level kabupaten. Dari 18 peserta kita dapat enam pemenang terbaik,” ujarnya.

Lebih jauh Kamaruzaman berharap, lomba bercerita tidak hanya sebagai ajang tahunan. Lomba bercerita, jelasnya, menjadi investasi jangka panjang dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kubu Raya.

“Yakni investasi untuk menciptakan generasi yang cinta membaca sekaligus berperan aktif dalam meningkatkan budaya literasi Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Kembalikan Kejayaan Beras Lokal, Distan Kubu Raya Ajak Masyarakat Galakkan Gotong Royong Bertani

Kamaruzaman pun mengungkapkan upaya untuk meningkatkan literasi anak sejak dini telah lama dilakukan oleh pemerintah kabupaten.

“Selain lomba bercerita, dalam konteks peningkatan literasi ini kita juga menggelar lomba-lomba lainnya seperti lomba mewarnai dan menggambar. Semua potensi untuk meningkatkan literasi ini dari sejak dini sudah kita lakukan di Kubu Raya,” pungkasnya. (Jau)

Comment