Pj Ketua Dekranasda Kalbar Apresiasi Wastra Karya Siswi SMKN 6 Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson menerima kunjungan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Pontianak, Veny Lestari di Kantor Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Jalan A. Yani Pontianak, Senin (10/06/2024).

Kedatangan Veny Lestari turut membawa wastra hasil kerajinan para siswi SMK Negeri 6 Pontianak. Wastra sendiri merupakan kain tradisional yang sarat akan makna budaya nusantara. Masing-masingnya memiliki ciri khas yang dapat dibedakan dari simbol, warna, ukuran hingga material yang digunakan.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Saya sangat men-support dan mengapresiasi hasil karya dari Siswi SMK Negeri 6, di mana SMK Negeri 6 ini yang satu-satunya di Kalimantan Barat memiliki Program Studi Kriya dan itu sangat berkaitan sekali dengan tugas pokok dan fungsi Kalimantan Barat,” jelasnya.

Baca Juga :  Bahasan Imbau Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa Teliti Saat Melakukan Kontrak

Selain melihat hasil kriya siswi SMK Negeri 6 Pontianak, dalam kesempatan itu Windy turut membeli wastra karya anak-anak tersebut.

“Saya juga membeli batik tulis yang dibuat oleh siswi-siswi SMK Negeri 6. Ini salah satu regenerasi para perajin yang ada,” katanya.

“Seperti kita ketahui, kekayaan budaya lokal kita ini salah satunya adalah wastra, yang dimana masuk dalam salah satu subsektor ekonomi kreatif (ekraf) dan mempunyai nilai tambah yang bagus dan tinggi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kalimantan Barat,” kata Windy.

Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan, bahwa nantinya karya-karya siswi SMK Negeri 6 Pontianak selain akan dipromosikan kepada masyarakat juga akan dibuatkan suatu wadah untuk lulusan SMK Negeri 6 Program Studi Kriya.

Baca Juga :  Kembangkan Potensi Desa Kreatif dan Wisata Temajuk, Disporapar Kalbar Gelar Pelatihan Pembuatan Souvenir Bahari

“Kami tadi berdiskusi bersama pengurus dekranasda dan Ibu Kepala Sekolah SMK Negeri 6, bahwa nantinya kita akan membuat suatu wadah untuk para lulusan SMK Negeri 6 ini khususnya yang konsen pada produk kriya, yaitu sebagai mitra dekranasda dalam memasukkan produk-produk di Dekranasda Kalimantan Barat,” ujarnya.

“Jadi nanti hasil karya mereka bisa selalu kita promosikan di Dekranasda Kalimantan Barat,” terang Windy.

Windy menambahkan, nantinya di Dekranasda Kalimantan Barat akan disediakan pusat oleh-oleh yang didalamnya terdapat kriya, souvenir dan kuliner. (Jau)

Comment