Pemkab Kubu Raya Gelar O2SN Tingkat SD

KalbarOnline, Kubu Raya – Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Kubu Raya Tahun 2024 di SD Negeri 9 Sungai Raya, Rabu (12/06/2024).

O2SN yang digelar secara struktur dari pusat hingga daerah ini diikuti 67 peserta dari lima cabang olahraga yaitu atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate, serta cabang eksibisi sepak bola yang diikuti delapan tim Pra Gala Siswa Indonesia tingkat sekolah dasar.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Ini momen bagi kita terutama Dinas Pendidikan Kubu Raya untuk menunjukkan pencapaian prestasi yang diukir oleh anak-anak Kubu Raya untuk dilombakan. Dengan harapan kita bisa sampai ke tingkat nasional,” ucap Kamaruzaman.

Kamaruzaman mengatakan, pada O2SN kali ini, penyelenggara menambah satu cabang yakni cabang eksibisi sepak bola. Penambahan cabang sepak bola pra Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat sekolah dasar itu merupakan inovasi dari Dinas Pendidikan.

Baca Juga :  Silaturahmi Dengan Masyarakat Kuala Dua, Bang Midji Kembali Serukan Pilkada Damai

“Jadi ini menjadi menarik dan meriah sekaligus untuk merekrut talenta-talenta terbaik yang ada di Kubu Raya. Terutama perwakilan dari masing-masing kecamatan yang mengikuti di tingkat kabupaten,” ujarnya.

Kamaruzaman menyatakan, pemerintah kabupaten terus berupaya mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan. Termasuk di antaranya dengan menggunakan fasilitas olahraga kekinian seperti lapangan mini soccer atau sepak bola mini.

“Kita berharap sportivitas lah yang dijunjung dalam pertandingan ini selain bisa menemukan para atlet berprestasi terbaik untuk mewakili provinsi ke tingkat nasional,” katanya.

Lebih jauh Kamaruzaman menjelaskan tentang tiga pemahaman dalam olahraga. Yakni pemahaman olahraga pendidikan, olahraga prestasi mulai dari sekolah dasar hingga usia tertentu, dan pemahaman olahraga rekreasi.

“Ini sebetulnya untuk mewujudkan bahwa masyarakat Indonesia itu sehat. Pusat mengadakan rekrutmennya sampai sekolah di kabupaten dan kecamatan. Ini wujud konkret pemerintahan itu hadir. Pemerintahan itu harus dibangun dengan semangat yang sehat,” tutup Kamaruzaman.

Baca Juga :  Pj Bupati Kamaruzaman Dampingi Tim Setwapres RI Pantau Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Di tempat yang sama, ketua panitia kegiatan, M Ayub mengatakan, Kabupaten Kubu Raya secara rutin menggelar kegiatan O2SN. Hal itu guna menggali dan melihat potensi siswa untuk kemudian dipersiapkan ke tingkat provinsi hingga nasional.

“Di tahun ini ada lima cabang yang dilombakan di tingkat SD, yakni atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate. Namun ada satu cabang yang beda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu pra gala siswa Indonesia. Ini juga bagian dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, cuma untuk SMP. Maka dari itu GSI akan menjadi agenda tetap untuk mempersiapkan siswa dalam cabang sepak bola itu,” ucap Ayub. (Jau)

Comment