Menteri AHY Inginkan Adanya Modernisasi dan Penguatan di Seluruh Kantor Pertanahan

KalbarOnline, Bali – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginginkan adanya modernisasi dan penguatan terhadap seluruh Kantor Pertanahan (Kantah). Hal ini disampaikan saat mengunjungi Kantah Kabupaten Badung, Bali, pada Kamis (13/06/2024).

“Kantah Kabupaten Badung ini termasuk yang sudah bagus, tetapi di tempat lain tidak semuanya sudah seideal ini. Inilah yang menjadi tantangan Kementerian ATR/BPN,” kata Menteri AHY kepada awak media.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Penyimpanan warkah yang jumlahnya terus bertambah menjadi salah satu tantangan bagi kantah. Dikatakan Menteri AHY, upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut ialah melalui digitalisasi.

Baca Juga :  Menteri AHY Serahkan 136 Sertifikat Tanah Elektronik, Gedung Sate dan Lapangan Gasibu Kini Lebih Berkepastian Hukum

“Sambil kita melakukan alih media dengan merubah dokumen fisik menjadi elektronik, tetap butuh waktu masa transisi untuk penyimpanan. (Dokumen) ini kan harus aman betul, jangan sampai rusak karena cuaca atau hilang dan sebagainya,” tuturnya.

Diharapkan, ada anggaran yang dapat dialokasikan untuk bisa merenovasi kantah-kantah agar dokumen pertanahan bisa tersimpan dengan baik.

Selanjutnya, dalam kunjungan kali ini, Menteri ATR/Kepala BPN berkesempatan menyapa masyarakat yang sedang memperoleh layanan pertanahan. Selain itu, ia juga meninjau dan menyapa pegawai-pegawai yang bekerja di Kantah Kabupaten Badung.

Baca Juga :  Polri: Kita Utamakan Ketepatan Bukan Kecepatan

Menteri AHY pada kesempatan ini turut didampingi oleh Pembina Ikawati ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono, sejumlah staf khusus dan tenaga ahli, Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali. (Jau)

Comment