Harisson Minta SMAN dan SMKN Transparan dalam Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson memerintahkan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) se Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk mengedepankan prinsip transparansi dalam seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Dirinya meminta SMAN dan SMKN se Kalbar untuk mematuhi semua aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam proses pelaksanaan PPDB. Harisson mengingatkan, SMAN dan SMKN se Kalbar untuk tidak main-main dalam menyelenggarakan PPDB.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Sekolah-sekolah harus transparan melaksanakan PPDB jangan sampai menimbulkan keributan ditengah masyarakat,” ungkap Pj Gubernur Harisson pada Rabu (12/6/2024).

Harisson memastikan, dirinya akan memantau penyelenggaraan PPDB di seluruh SMAN dan SMKN se Kalbar. Untuk itu, ia meminta SMAN dan SMKN di Kalbar harus benar-benar mentaati dan mempedomani aturan dalam melaksanakan PPDB. Terutama untuk meminimalisir keluhan dari orang tua siswa.

“Dengan kita benar benar menaati aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam PPDB maka kita akan meminimalisir keluhan-keluhan dari orang tua siswa,” kata Harisson.

Baca Juga :  Buka Tes CAT CASN PPPK 2023, Harisson: Tidak Ada Istilah Titipan

Di samping itu, menurut Harisson, Ombudsman Kalbar juga pasti akan melakukan monitoring dan evaluasi atas penyelenggaraan PPDB. Sehingga SMAN dan SMKN di Kalbar ditekankannya harus mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan dalam melaksanakan PPDB.

“Ombudsman Kalbar pasti memonitor dan mengevaluasi mereka akan mengikuti PPDB ini pada saat pra, pelaksanaan hingga pasca PPDB,” jelasnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan seleksi PPDB jenjang SMA dan SMK di Kalbar akan dibuka mulai awal Juni 2024 mendatang. Tahap awal pendaftaran PPDB Kalbar 2024 untuk jenjang SMA dan SMK dimulai dengan pembuatan akun di laman: https://ppdbop.dikbud.kalbarprov.go.id/.

Pembuatan akun PPDB Kalbar jenjang SMA dan SMK dapat dilakukan mulai 10 hingga 15 Juni 2024. Kemudian jalur pertama yang dibuka pendaftarannya  yakni zonasi SMA pada 18 hingga 20 Juni 2024.

Baca Juga :  Sutarmidji Lantik Syarif Kamaruzaman Sebagai Pj Sekda Kalbar

Selanjutnya, pendaftaran jalur afirmasi dan mutasi  akan dibuka pada 27 hingga 28 Juni 2024. Lalu, pendaftaran jalur prestasi dibuka pada 3 hingga 4 Juli 2024. Sementara itu pendaftaran SMK di PPDB Kalbar 2024 akan dibuka pada 18 Juni hingga 3 Juli 2024.

Sementara untuk kuota jalur zonasi dalam PPDB tingkat SMAN pada 2024 ini bertambah. Dari awalnya yang hanya 50 persen pada tahun lalu kini menjadi 60 persen untuk tahun ajaran 2024 – 2025.

Kemudian untuk jalur prestasi yang dulunya 30 persen kini hanya menjadi 20 persen. Selanjutnya jalur afirmasi kuota 15 persen, sedangkan untuk jalur mutasi kuota hanya 5 persen. (Jau)

Comment