Categories: PolhumPontianak

Bapenda Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Samsat se-Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar rapat pembinaan dan evaluasi pelayanan samsat se-Kalbar di Hotel Mercure, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh unsur-unsur terkait dalam pelayanan samsat itu dibuka langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bapenda Kalbar, Hisamudin.

Dalam sambutannya, Hisamudin mengungkapkan, sejak awal kehadiran pelayanan samsat adalah dalam rangka memudahkan masyarakat melakukan proses pembayaran, serta pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaan Bermotor (BBNKB).

Kemudian, termasuk pula Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), seperti biaya administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Juga asuransi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), yang semua itu dilaksanakan secara terpadu dalam satu atap.

“Oleh karena itu unsur dalam samsat yakni kepolisian, Bapenda Kalbar, Jasa Raharja ditambah unsur Bank Kalbar, tentu harus terus membangun sinergi, komunikasi, dan koordinasi. Sehingga dapat tercipta keterpaduan dan kekompakan, guna menghadirkan pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dalam konteks pelayanan publik, menurutnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan menjadi indikator keberhasilan atas pelayanan yang diselenggarakan. Dalam hal ini, wajib pajak (WP) yang datang ke samsat, baik perorangan maupun badan usaha, dapat dikategorikan sebagai masyarakat yang memiliki kesadaran dan patuh untuk melaksanakan kewajiban perpajakan.

Oleh sebab itu, Hisamudin mengatakan, sudah sewajarnya kalau pihaknya sebagai penyelenggara pelayanan publik memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Plh Kepala Bapenda Kalbar, Hisamudin foto bersama peserta rapat pembinaan dan evaluasi pelayanan samsat se-Kalbar di Hotel Mercure, Selasa (28/11/2023). (Foto: PPID Bapenda Kalbar)

“WP tersebut tentu menginginkan adanya pelayanan yang baik, cepat, dan mudah, sehingga mereka akan dengan senang hati melunasi semua yang menjadi kewajiban, baik untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, melakukan registrasi kendaraan, serta membayar asuransi kendaraan bermotor yang dimiliki,” katanya.

“Pada akhirnya WP tersebut ikut berkontribusi, dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program pemerintah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pajak Bapenda Kalbar, Fanny Meivyanto menambahkan, rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka evaluasi serta membahas berbagai kendala atau hambatan yang dialami seluruh samsat se-Kalbar dalam satu tahun terakhir. Kemudian sekaligus mempersiapkan hal-hal yang bisa disepakati bersama untuk tahun depan.

“Kuncinya bagaimana kami meningkatkan kualitas pelayanan samsat kepada masyarakat, jadi bisa lebih cepat, lebih mudah. Termasuk juga nanti kami akan mengembangkan, menggunakan teknologi informasi yang lagi berkembang, untuk memudahkan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam rapat tersebut, lanjut Fanny, pihaknya melibatkan peserta dari seluruh jajaran samsat, seperti Ditlantas Polda Kalbar, Satlantas Polres yaitu Kasubdit Regident dan Kanit Regident, tujuh kepala UPT-PPD Bapenda se-Kalbar, perwakilan Bank Kalbar, dan juga Jasa Raharja.

“Termasuk koordinator wilayah (Jasa Raharja) yang ada di kabupaten/kota,” tutup Fanny. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Perguruan Tinggi dari Luar Negeri Akan Ramaikan Pameran Pendidikan di PCC, Catat Tanggalnya!

KalbarOnline, Pontianak - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan EMGS (Education…

1 hour ago

Kepolisian Selidiki Potongan Tubuh Manusia di Selokan Jalan Danau Sentarum

KalbarOnline, Pontianak - Potongan tubuh manusia ditemukan dalam selokan di Jalan Danau Sentarum, Kota Pontianak,…

2 hours ago

Pesona Pantai Temajuk: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sambas - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi wisata bahari menakjubkan.…

2 hours ago

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Ampan: Destinasi Mendaki yang Memikat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Apakah Anda ingin merasakan sensasi mendaki namun masih pemula? Bukit Ampan…

2 hours ago

Keindahan Danau Balairam: Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kalimantan Barat dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, salah satunya…

2 hours ago

Pemerintah Sosialisasikan Peraturan Bupati Ketapang Nomor 19 Tahun 2022

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka sosialisasi…

2 hours ago