Categories: HeadlinesKetapang

Awali Kunker Hari Ketiga di Ketapang, Sutarmidji Letakkan Batu Pertama Pembangunan SMAN 2 Sandai

KalbarOnline, Ketapang – Mengawali kunjungan kerjanya pada hari ketiga di Kabupaten Ketapang, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji meletakkan batu pertama pembangunan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Sandai, Kamis (27/7) pagi.

Untuk tahap pertama, unit sekolah baru yang dibangun di Desa Sandai Kiri, Kecamatan Sandai itu dikerjakan dengan nilai kontrak sekitar Rp1,6 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengungkapkan, bahwa keinginan untuk menambah jumlah sekolah di Sandai saat ini sudah bisa diwujudkan. Meski untuk tahun ajaran 2023 ini, SMAN 2 Sandai belum bisa menerima pelajar, tapi diharapkan gedungnya sudah bisa siap lebih dulu.

“Karena dari data yang saya terima, tamatan SMP di Kecamatan Sandai ini ada 500-an, jadi harusnya dibagi di tiga sekolah (SMA/SMK), supaya (lulusan SMP) tidak putus sekokah,” harapnya.

Orang nomor satu di Kalbar itu meminta, dua sekolah yang sudah ada yakni SMAN 1 Sandai dan SMKN 1 Sandai, masing-masing bisa menghitung daya tampung. Jangan berlomba-lomba memperbanyak jumlah pelajar, tapi yang lebih penting menurutnya adalah meningkatkan kualitas dari lulusan sekolah tersebut.

“Nanti diatur, dari desa-desa mana saja (untuk masing-masing sekolah), supaya (pelajar) tidak jauh menempuh perjalanan ke sekolahnya,” katanya.

Untuk SMAN 2 Sandai sendiri dikatakan dia, mulai dibangun tahun ini, dan akan berlanjut di tahun mendatang. Saat ini Midji-sapaan karibnya menyebutkan SMAN 2 Sandai sudah ada pengelolanya, serta guru-guru yang bakal mengajar, juga sudah akan disiapkan.

“Mudah-mudahan di lokasi ini bisa ditambah gurunya, nanti diatur Diknas. Saya yakin dengan (pembangunan sekolah) ini akan bisa mengurangi angka putus sekolah, karena di Kalbar ini (angka putus sekolah), tidak begitu tinggi, tapi masih memprihatinkan, jadi kita harus cegah angka putus sekolah. Serta bagaimana meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia),” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Rita Hastarita mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar pada tahun 2023 ini membangun tiga sekolah baru di Kabupaten Ketapang.

Tiga sekolah baru itu terdiri dari SMKN 3 Ketapang, SMKN 1 Matan Hilir Utara, dan SMAN 2 Sandai. Rencananya pembangunan sekolah tersebut masing-masing dilakukan melalui beberapa tahap.

“Khusus SMAN 2 Sandai yang hari ini dilakukan peletakan batu pertama pembangunannya oleh Bapak Gubernur, mendapat alokasi sebesar Rp 2 miliar untuk tahap pertama ini,” kata Rita.

Pada tahap pertama tahun 2023 ini anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membangun satu ruang perpustakaan, tiga ruang kelas, toilet dan penampungan air hujan.

“Untuk tahap keduanya, masing-masing sekolah baru yang akan dibangun di Ketapang mendapat alokasi sebesar Rp3 miliar,” kata Rita. (Jau/KalbarOnline)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Biang, Wisata Tersembunyi di Sanggau

KalbarOnline, Sanggau - Bukit Biang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa…

2 hours ago

Keindahan Alam dan Kekayaan Budaya di Bukit Bengkawang, Surga Tersembunyi di Kalbar

KalbarOnline, Bengkayang - Bukit Bengkawang, sebuah destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Jangkang, Kabupaten Bengkayang,…

2 hours ago

Menemukan Keindahan Alam di Bukit Bakmunt: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sanggau - Kalimantan Barat dikenal sebagai tempat yang kaya akan keindahan alamnya. Salah satu…

2 hours ago

Menikmati Keindahan Malam di Jembatan Gantung Sekayam: Destinasi Wisata Tersembunyi di Tanjung Sekayam

KalbarOnline, Sanggau - Tanjung Sekayam, sebuah wilayah yang tersembunyi di Kecamatan Kapuas, Kalimantan Barat, menyimpan…

2 hours ago

Menjelajahi Keindahan Tersembunyi Air Terjun Kujato di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sanggau - Jika Anda mencari destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang masih alami…

2 hours ago

Air Terjun Riam Asam Telogah: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sanggau - Kalimantan Barat tidak hanya terkenal dengan hutan hujannya yang lebat dan kekayaan…

2 hours ago