Categories: Pontianak

Gubernur Kalbar Serahkan Sapi Banpres ke Masjid Khairussa’adah

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji menyerahkan sapi kurban bantuan presiden (banpres) untuk Idul Adha 1444 Hijriah kepada penerima di Halaman Masjid An Na’im, Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (27/06/2023) pagi.

Tahun ini giliran Masjid Khairussa’adah di Kabupaten Kubu Raya yang mendapat sapi banpres jenis limosin dengan berat mencapai 925 kilogram.

“Tiap tahun sapi dari presiden untuk kurban ada, tahun ini ke Kubu (Kubu Raya), tahun lalu kalau tidak salah pernah ke Sanggau, tahun sebelumnya daerah lain, jadi giliran,” ungkap Sutamidji.

Dirinya mengatakan, khusus tahun ini, total sapi bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar mencapai 88 ekor, termasuk 4 ekor yang berasal dari Sutarmidji pribadi dan keluarga. Adapun 84 ekor sapi itu dihimpun dari sumbangan Bank Kalbar dan perangkat daerah di jajaran Pemprov Kalbar.

“Namun yang mengajukan usulan lebih dari 120 (usulan), jadi mohon maaf kalau ada yang merajuk karena tidak dapat, lalu kenapa di sebelah dapat, kami pantau lagi, kami survei di lapangan,” katanya.

Penyaluran hewan kurban menurutnya harus melalui berbagai pertimbangan. Jika misalnya di satu kecamatan ada tiga sampai empat pesantren, yayasan atau juga masjid yang mengajukan, maka akan dipilih satu atau dua saja.

“Karena kalau semuanya (diberikan) di situ kasihan yang lain, karena masyarakat kalbar ada 174 kecamatan 2.046 desa, jadi kita pilih yang betul-betul membutuhkan,” ujarnya.

Meski penerima hewan kurban boleh siapa saja, mengingat jumlah yang terbatas, maka bakal diutamakan wilayah-wilayah yang penduduknya memang jarang makan daging.

“Jadi mohon maaf kepada masyarakat, nanti giliran, yang tahun ini tidak dapat, Insya Allah tahun depan akan jadi prioritas,” ucapnya.

Untuk Idul Adha nanti, Sutarmidji mengatakan, kalau ia bersama keluarga bakal melaksanakan salat Id di Masjid Raya Mujahidin Pontianak. Karena kali ini merupakan Idul Adha terakhir dirinya menjabat sebagai gubernur, ada beberapa hal yang ingin ia sampaikan ke masyarakat.

“Saya di Mujahidin, karena Idul Adha terakhir, ada beberapa hal mau disampaikan. Pak Wagub mungkin di Mempawah, Pak Sekda ikut di Mujahidin,” terangnya.

Mengenai kondisi ekonomi menghadapi Idul Adha, orang nomor satu di Kalbar itu menyebut sejauh ini di Kalbar masih terkendali. Jika persediaan atau stok komoditi tertentu cukup, ia yakin fluktuasi harga di pasaran juga tidak begitu tinggi. Ia lantas memprediksi angka inflasi bulan Juni malah akan lebih rendah jika dibanding bulan Mei lalu.

“Kalau kita ini kan Idul Adha yang merayakannya lebih ini (sama) dengan Idul Fitri (hanya) satu dua kabupaten seperti Sambas. Tapi kalau Pontianak dan daerah lain, seperti hari biasa saja, salat Id saja, tidak ada berkunjung ke rumah-rumah,” kata Sutarmidji.

“Jadi (tidak perlu) persediaan (tambahan) untuk membuat kue (lebaran), ini malah ada yang kue Idul Fitri masih ada sampai sekarang,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Ani Sofian Pimpin Ikrar Netralitas ASN Pemkot Pontianak di Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang, seluruh kepala perangkat daerah…

24 mins ago

Selain Dijual, Pj Wako Sarankan Nelayan Olah Ikan Hasil Tangkapan

KalbarOnline, Pontianak - Dua unit kapal nelayan tertambat di tepian Sungai Kapuas di Gang H…

27 mins ago

Pj Gubernur Kalbar Resmi Buka Pekan Gawai Dayak ke-38

KalbarOnline, Pontianak – Pekan Gawai Dayak ke-38 Kalimantan Barat (Kalbar) resmi dibuka oleh Pj Gubernur…

29 mins ago

600 Pemuda Kalbar Terlibat dalam Aksi Menyala Kakak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - 600 generasi muda dari berbagai komunitas dan organisasi di Kalimantan Barat terlibat…

9 hours ago

Presiden Jokowi Kenakan Wastra Khas Kalbar di KTT World Water Forum

KalbarOnline, Pontianak - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terlihat mengenakan wastra khas Kalimantan Barat (Kalbar)…

9 hours ago

PAN Restui Tjhai Chui Mie Maju Bersama Muhammadin di Pilwako Singkawang

KalbarOnline, Pontianak - DPP Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan surat rekomendasi dukungan kepada bakal pasangan…

9 hours ago