Categories: Bengkayang

Di Bengkayang, Sutarmidji Silaturahmi dengan Ratusan Jemaah Masjid Agung Syuhada

KalbarOnline, Bengkayang – Dalam rangkaian kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Bengkayang, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji sempat bersilaturahmi dengan ratusan masyarakat di Masjid Agung Syuhada Bengkayang, Rabu (07/06/2023) sore.

Dalam acara yang turut dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama dan para ketua organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam itu, Gubernur Sutarmidji menyampaikan berbagai hal. Salah satunya tentang program pemerintah provinsi (pemprov) dalam rangka mencetak lima ribu penghafal Al-Qur’an se-Kalbar.

Ia berharap umat Islam di Kabupaten Bengkayang dapat mendukung penuh program tersebut. Agar daerah yang dijuluki Bumi Sebalo itu bisa melahirkan banyak hafidz dan hafidzah, yang kemudian dapat diwisuda oleh Pemprov Kalbar. Terutama mereka, para generasi muda yang nantinya bakal berkiprah di berbagai bidang, termasuk menjadi pemimpin penerus bangsa.

“Supaya ketika ada penerimaan polisi dia (penghafal Al-Qur’an) bisa masuk, adalah polisi yang hafidz. Lalu ada penerimaan tentara bisa masuk, jadi (tentara) adalah tentara yang hafidz. Kita juga punya MoU (kerja sama) dengan beberapa perguruan tinggi ada fasilitas kemudahan (penghafal Al-Qur’an) diterima (kuliah),” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kalbar itu melanjutkan, sudah ada empat orang hafidz yang masuk di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) yang dibantu dengan dicarikan donatur untuk bisa menjadi dokter. Dua diantaranya sudah selesai dan menjadi dokter, sementara dua lagi masih proses menjalani pendidikan.

“Jadi dia (mahasiswa kedokteran) hafidz, kan enak (ada) dokter yang hafidz Al-Qur’an,” katanya.

Selain itu, hal lain seperti program-program pemberdayaan masjid menurutnya juga penting dikembangkan. Melihat Masjid Agung Syuhada Bengkayang yang sudah memiliki unit usaha sendiri, gubernur menilai hal tersebut sangat baik, dalam rangka peningkatan ekonomi keumatan.

“Masjid ini saya lihat tadi ada unit usaha dan lainnya, ini suatu hal yang bagus,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal menyampaikan rasa terima kasih kepada gubernur, karena di sela kesibukan menjalankan kunker di Kabupaten Bengkayang, masih sempat bersilaturahmi dengan masyarakat di sana. Masyarakat menurutnya sudah cukup lama merindukan kehadiran pimpinan provinsi ini di Kabupaten Bengkayang.

“Jadi baru kali ini (masyarakat) bisa bertatap muka secara langsung, ada kebanggaan dan kerinduan kita terhadap pimpinan. Tentu kita tahu sudah banyak prestasi yang dilakukan Bapak Gubernur, dan banyak kita rasakan dampaknya,” ujarnya.

Mengenai harapan masyarakat, disebutkan dia, secara umum tentu ingin pembangunan jalan yang baik, hingga ke tingkat desa. Dan menurutnya gubernur telah berkomitmen menyelesaikan jalan provinsi dengan kondisi mantap sampai 80 persen di akhir jabatan nanti.

“Gubernur melalui APBD sudah membangun jalan provinsi 80 persen dari sekitar 1.500 kilometer (total jalan provinsi), sisanya 20 persen kami harap harus diselesaikan, dan Bapak Gubernur bisa melanjutkan (kepemimpinan), program yang belum tuntas (bisa) dituntaskan,” harapnya. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Perguruan Tinggi dari Luar Negeri Akan Ramaikan Pameran Pendidikan di PCC, Catat Tanggalnya!

KalbarOnline, Pontianak - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan EMGS (Education…

25 mins ago

Kepolisian Selidiki Potongan Tubuh Manusia di Selokan Jalan Danau Sentarum

KalbarOnline, Pontianak - Potongan tubuh manusia ditemukan dalam selokan di Jalan Danau Sentarum, Kota Pontianak,…

57 mins ago

Pesona Pantai Temajuk: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sambas - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi wisata bahari menakjubkan.…

1 hour ago

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Ampan: Destinasi Mendaki yang Memikat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Apakah Anda ingin merasakan sensasi mendaki namun masih pemula? Bukit Ampan…

1 hour ago

Keindahan Danau Balairam: Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kalimantan Barat dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, salah satunya…

1 hour ago

Pemerintah Sosialisasikan Peraturan Bupati Ketapang Nomor 19 Tahun 2022

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka sosialisasi…

1 hour ago