Gubernur Harap Masyarakat Ketapang di Perantauan Tetap Berusaha Bangun Kampung Halamannya

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menghadiri silaturahmi dan halal bihalal Warga Ketapang Perantauan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Minggu (04/06/2023) pagi.

Kegiatan yang mengambil tema “Merajut Persaudaraan di Perantauan” ini kembali dapat terlaksana setelah terhalang oleh pandemi Covid-19 selama tiga tahun terakhir.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar berharap Pemerintah Kabupaten Ketapang dan masyarakat untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, sebab dirinya beranggapan bahwa kabupaten yang dikenal sebagai penghasil ale-ale itu memiliki SDM yang unggul dan Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup banyak sehingga bisa mensejahterakan warganya.

“Saya berharap terutama pemuda di Ketapang atau yang tergabung (dalam perhimpunan) Pemuda Ketapang Serantau untuk aktif dalam mempersiapkan serta mengelola SDM yang unggul dan bermanfaat,” ujarnya.

“Sebab di Ketapang banyak memiliki SDM yang hebat dan SDA di ketapang masih tergolong cukup banyak, jadilah tuan rumah di tempat sendiri bukan jadi penonton,” harapannya.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Jamaah Calon Haji Dengarkan Arahan Pembimbing
Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama dalam acara silaturahmi dan halal bihalal Warga Ketapang Perantauan di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (04/06/2023) pagi. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama dalam acara silaturahmi dan halal bihalal Warga Ketapang Perantauan di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (04/06/2023) pagi. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Sutarmidji juga menerangkan, bahwa kemajuan di Kabupaten Ketapang sejauh ini telah terlihat nyata. Itu dibuktikan dengan jumlah desa mandiri di Kabupaten Ketapang yang kian meningkat. Hal ini berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat di wilayah desa tersebut.

“Di Kabupaten Ketapang tercatat (kategori) desa mandiri sebanyak 63 desa, desa maju sebanyak 66 desa, desa berkembang sebanyak 113 desa dan yang berstatus tertinggal hanya 11 desa saja, sedangkan desa sangat tertinggal sudah tidak ada,” ungkap Sutarmidji.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Ketapang, mudah-mudahan warganya semakin sejahtera. Tak hanya itu, saya juga berharap, masyarakat Ketapang yang ada di perantauan dapat membantu untuk menyemangati warga di Ketapang untuk dapat membangun desanya menjadi berkembang, maju dan mandiri,” tambahnya.

Baca Juga :  Polsek Menjalin Lakukan Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas Peringatan Isra’ Mi’raj

Ketua Forum Pemuda Ketapang Serantau, Erwandi Noor mengutarakan, bahwa tujuan kegiatan ini juga untuk menghimpun rasa kebersamaan dan kekeluargaan warga Ketapang di tanah rantauan untuk saling peduli dan melepaskan rindu.

Alhamdulilah hari ini kita dapat berkumpul dan silaturahmi serta halal bihalal bersama sedulur yang ada di perantauan. Kami masyarakat serantau juga berupaya untuk mendukung, mempersiapkan SDM, khususnya orang-orang Ketapang yang ada di perantauan untuk bisa menjadi lebih maju dan berkembang dan siap berkompetisi di berbagai kesempatan,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar oleh Forum Silaturahmi Pemuda Ketapang Serantau itu turut dihadiri Wakil Bupati Ketapang, Farhan, Bupati Kayong Utara, Citra Duani, Anggota DPR RI Komisi V dapil Ketapang, Boyman Harun dan lainnya. (Jau)

Comment