Segeralah Periksa ke Dokter Jika Ada Tanda Tak Lazim di Payudara

Para perempuan diimbau untuk tidak takut memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan jika menemukan suatu kelainan pada payudara dan kandungan.

Selain itu, sebaiknya segeralah pemeriksaan payudara kepada tenaga klinis (sadanis), jika menemukan kelainan saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari).

Hal itu disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Onkologi Maria Kristina Siswandari, beberapa waktu lalu.

“Para perempuan jangan ragu untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan apabila dari pemeriksaan kesehatan sadari-nya ditemukan suatu kelainan,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa kelainan yang bisa menjadi kecurigaan keganasan, misalnya pada tumor payudara secara klinis tidak jelas suatu tumor jinak.

Baca Juga :  Vaksin Sinovac Sudah Datang, Yuk Kenali Perbedaan 6 Jenis Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan di Indonesia

Selain itu, kista payudara yang cairannya berdarah, keluarnya darah atau cairan dari puting susu atau pada aerola terdapat koreng dan gambaran seperti eksim.

Menurut Kristina, jika kelainan ternyata sebuah keganasan, si penderita akan kehilangan waktu atau terlambat.

“Waktu itu sesuatu yang tidak bisa kembali. Sangat sayang bila kita sampai kehilangan waktu tersebut,” terangnya.

Senada, dr. Grace Valentine dari Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia juga membuat ajakan serupa.

Menurutnya, pandemi covid-19 seharusnya tidak menjadi halangan bagi perempuan untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama untuk perempuan dengan keluhan di payudara dan kandungan.

Baca Juga :  5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Mengurangi Risiko Kanker Payudara

“Jangan sampai pandemi menghentikan wanita yang sudah merasa ada keluhan, baik dari payudara maupun kandungannya untuk datang ke rumah sakit,” ucap Grace. (*)

@kalbaronline

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji membuka Festival Kapuas Award 2023. Berbagai macam perlombaan digelar, mulai dari catur, bridge, hingga kano. Kegiatan ini dipusatkan di Kampung Wisata Caping, Gang H. Salmah, Imam Bonjol, Pontianak, mulai dari 2-4 Juni 2023. — Ikuti Fanspage Facebook, Twitter, dan YouTube kami di KalbarOnline.com. — #kalbaronline #tahudarikalbaronline #kalbaronlinedotcom

♬ suara asli – kalbaronline – kalbaronline

Comment