Tengku Anggun Lestari dari Kayong Utara Terima Penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi dari OASE-KIM

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari Kartini ke -145 Tahun 2023, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia bekerja sama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju (KIM), memberikan penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi se-Indonesia.

Terdapat 14 orang penerima penghargaan untuk wilayah Kalimantan Barat yang diwakili oleh setiap masing-masing kabupaten/kota.

Untuk wilayah Kalbar, penyeraham penghargaan itu turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji, di Aula Garuda Gedung Serba Guna, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (25/05/2023).

Tengku Anggun Lestari, dari Kabupaten Kayong Utara menjadi salah satu perempuan yang menerima penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi untuk kategori atau bidang lingkungan hidup dari OASE-KIM tersebut.

“Merawat bumi bertuah dengan pelestarian hutan mangrove dan daur ulang sampah merupakan tema yang saya bawa. Saya terlibat aktif menjadi volunteer Yayasan Karimata Indonesia dalam pelestarian Hutan Mangrove di Edu Wisata Track Hutan Mangrove Sukadana,” katanya.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Peringatkan Distributor Jangan Coba-coba Timbun Sembako

“Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata dalam meningkatkan produktivitas lahan pada ekosistem mangrove hutan pantai dan menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya menambahkan.

Anggun mengungkapkan, bahwa keresahannya juga tertuju pada banyaknya limbah sampah organik rumah tangga yang tidak dikelola dengan baik, sehingga menyebabkan adanya penurunan kualitas lingkungan, baik udara, air, dan tanah. 

“Untuk itu, saya menginisiasi Greenalst Recycling Center sebagai wadah untuk mendaur ulang sampah menjadi produk yang bisa dimanfaatkan kembali dan bernilai ekonomis,” kata Anggun.

“Limbah rumah tangga seperti kulit buah dan sayuran dapat dijadikan sebagai eco-enzyme yang dapat menjadi filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman dan menurunkan efek rumah kaca,” terangnya.

Anggun juga berharap, penghargaan di bidang lingkungan ini dapat menjadi langkah awal dalam proses untuk tetap peduli terhadap lingkungan. Semoga ini menjadi campaign dan inspirasi, terutama bagi perempuan-perempuan Indonesia khususnya Kalimantan Barat untuk menjadi Kartini masa kini dalam menjaga kelestarian alam.

Baca Juga :  Hari Kartini, Lismaryani Serahkan Penghargaan ke 14 Perempuan Berjasa dan Berprestasi

“Perempuan mencintai bumi, bumi akan menjaga kita. Women love earth, earth will take care of us,” katanya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan.

“Saya mengucapkan selamat atas penghargaan yang ibu-ibu peroleh,” katanya.

Lismaryani juga berterima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi para penerima penghargaan di bidangnya masing-masing yang membawa nama Provinsi Kalbar di tingkat nasional.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, bahwa penghayatan terhadap semangat pahlawan nasional lewat dedikasi perempuan-perempuan dalam aksi nyatanya, hal ini dimaknai bahwa setiap masa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peran perempuan sangat penting seperti yang dilakukan ibu-ibu adalah sebagian dari penghayatan akar perjuangan sebagaimana telah dilakukan oleh peran tokoh nasional di masanya,” ujarnya.

“Tetap semangat dan optimis, karena optimis terkait dengan kesuksesan dan kebahagiaan. Bahwa setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya,” tambah Lismaryani. (Santo)

Comment