Sambangi Wilayah Kodim 1203/Ktp, Pangdam XII/Tpr Ziarah ke Makam Raja Tanjungpura

KalbarOnline,Ketapang – Setelah mengunjungi satuan jajaran dan silaturahmi dengan Forkopimda Ketapang, Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan dan Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr, Beti Iwan Setiawan melaksanakan ziarah ke makam Raja Tanjungpura di Desa Tanjungpura, Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kamis (25/05/2023).

Turut serta mendampingi ziarah di makam Raja Tanjungpura, Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko beserta PJU Kodam XII/Tpr dan Dandim 1203/Ktp.

Kedatangan Mayjen TNI Iwan Setiawan bersama rombongan disambut oleh Koordinator Juru Cagar Budaya Balai Pelestarian Makam Raja Tanjungpura, Baja’i dan Fardiah serta masyarakat setempat dan anak-anak sekolah.

Baca Juga :  Pembersihan Pangkalan Bentuk Pembinaan Satuan Kodim 1203/Ktp

Untuk diketahui, Kerajaan Matan atau yang lebih dikenal dengan Kerajaan Tanjungpura berasal dari kata “Tanjompura”. Ianya merupakan kerajaan tertua di Kalimantan Barat yang berdiri sejak abad ke-8. Nama Tanjungpura sendiri saat ini digunakan oleh Kodam XII dan Universitas Tanjungpura di Kota Pontianak.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Ade Rizal Muharram mengatakan, kegiatan ziarah ke makam Raja Tanjungpura ini merupakan tradisi dari Kodam XII/Tpr setiap ada pergantian pucuk pimpinan.

Baca Juga :  Pangdam XII/Tpr Harap Pemuda Filter Informasi Bersifat Destruktif dan Sukseskan Pemilu 2019

“Selain untuk mendoakan, kegiatan ini juga untuk menghormati jasa-jasa para pendahulu kita, sesungguhnya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pendahulunya,” kata Ade Rizal.

Sementara itu Dandim 1203/Ktp, Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan, kegiatan ziarah ini sebagai upaya untuk meneladani semangat perjuangan, nasionalisme dan patriotisme dari para pendahulu bangsa ini.

“Sebagai prajurit Tanjungpura dan selaku generasi penerus kita harus meneladani semangat perjuangan para raja-raja Tanjungpura ini,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment