Di Hadapan Ribuan Wisudawan UGM, Sekda Harisson Minta Para Sarjana Gunakan Jiwa dan Pikiran Gadjah Mada

KalbarOnline, Yogyakarta – Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Harisson mendapat kehormatan untuk memberikan kata sambutan di hadapan 1200-an wisudawan pada program Sarjana dan Diploma periode III Universitas Gadjah Mada (UGM) Tahun Akademik 2022/2023, di Auditorium Graha Sabha Pramana, Kampus UGM Yogyakarta, Rabu (24/05/2023).

Sebagai Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Kalimantan Barat, dalam acara tersebut, Harisson juga secara khusus diminta mewakili Pengurus Pusat Kagama untuk menyematkan pin Kagama kepada perwakilan wisudawan UGM.

Dalam pidatonya, Harisson menekankan beberapa hal kepada semua wisudawan dan wisudawati yang hadir, diantaranya tetap bersikap profesional dan disiplin dalam menghadapi segala tuntutan dan perubahan yang terjadi ke depan.

“Selepas ini, tantangan baru akan dimulai hari ini, kalian juga dituntut untuk bersikap profesional, disiplin tinggi, termasuk dalam hal dedikasi dan penguasaan pengetahuan dan teknologi sebagai sebuah keniscayaan,” sampai Harisson.

Sekda Kalbar Harisson yang juga Ketua KAGAMA Kalbar mewakili PP KAGAMA menyematkan pun KAGAMA kepada perwakilan wisudawan UGM
Sekda Kalbar Harisson yang juga Ketua KAGAMA Kalbar mewakili PP KAGAMA menyematkan pun KAGAMA kepada perwakilan wisudawan UGM (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

“Dengan Bekal yang telah diberikan dan diterima selama proses belajar serta nilai-nilai ke UGM-an, kami percaya adik-adik mampu melewati setiap perubahan yang terjadi,” tambahnya.

Baca Juga :  Unek-unek Warga Pasca Sidak Ketua Dewas, Cerita Pasien RSUD Soedarso Menunggu 3 Hari di IGD

Selain itu, Harisson juga meminta kepada para wisudawan dan wisudawati untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan kontribusi nyata di manapun berada. Ia turut meminta kepada para Sarjana UGM untuk tidak meninggalkan jiwa dan pikiran dari sang mahapatih Gadjah Mada.

“Hadirlah di tengah-tengah masyarakat yang memerlukan, sejauh apapun itu, dan seterpencil apapun itu, di manapun, di bumi Indonesia maupun di panggung dunia. Gunakan jiwa dan pikiran Gadjah Mada untuk memberikan yang terbaik dari diri kalian. Kami yakin adik-adik mampu,” terang Harisson.

Dalam kesempatan itu, Harisson juga mengutip bait kedua dari hymne Gadjah Mada, “Bagi Kami Almamater Kuberjanji Setia…Kupenuhi Dharma Bakti Tuk Ibu Pertiwi…”. Ia berharap hymne tersebut dapat terus diamalkan dalam proses pengabdian selanjutnya.

“Selalu amalkan Hymne Gadjah Mada, terutama bait kedua,” pesannya.

Sejalan dengan itu, Harisson pun berharap, para wisudawan dan wisudawati UGM tersebut untuk tidak takut dalam melangkah. Bahkan Harisson meminta agar para sarjana UGM dapat melangkah sejauh dan setinggi mungkin dalam hal berkarya dan mengabdi.

Baca Juga :  Super Esports Series PUBG Digelar di Kalbar, 1 Tim Terbaik Dikirim ke Jakarta

“Adik-adik wisudawan wisudawati, pergilah jauh, terbanglah tinggi, kami akan mendampingi langkah kalian dalam berkarya dan mengabdi. Hari ini Kagama menyambut kehadiran kalian dengan tangan dan hati terbuka,” ucap Harisson.

Di tempat yang sama, Rektor UGM, Ova Emilia mengucapkan terima kasih atas kehadiran Sekda Kalbar yang telah memberikan pencerahan kepada para wisudawan dan wisudawati pada program Sarjana dan Diploma periode III Universitas Gadjah Mada (UGM) Tahun Akademik 2022/2023.

“Terima kasih atas kehadiran Sekda Kalbar selaku Wakil PP (Pengurus Pusat) Kagama yang telah memberikan inspirasi dan pencerahan kepada Kagama Muda,” sampai Emilia.

Sebagai informasi, adapun total sarjana yang diwisuda pada program Sarjana dan Diploma periode III Universitas Gadjah Mada (UGM) Tahun Akademik 2022/2023 sebanyak 1.254 orang. Dengan rincian 1.201 orang lulusan Program Sarjana, termasuk 1 orang wisudawan berasal dari Warga Negara Asing (WNA), 53 lulusan Program Sarjana Terapan atau Diploma Empat dan 38 orang lulusan dari periode sebelumnya yang mengikuti prosesi wisuda periode ini. (Jau)

Comment