Silakan Mampir ke RM Djadoel, Sekda: Kuliner di Sini Angkat Ciri Khas Daerah Ketapang Tempo Dulu

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo meresmikan Rumah Makan (RM) Djadoel Obic Ketapang sekaligus meluncurkan kuliner RM tersebut, Rabu (24/05/2023) pagi, di Kelurahan Kauman.

Dalam kesempatan itu, Sekda Ketapang didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Maryadi Asmui dan Kepala Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian dan Perdagangan, Edi Radiansyah.

Menurut Alexander, RM Djadoel menjadi alternatif bagi masyarakat untuk berburu kuliner. Makanan yang menjadi hidangan dan menu di RM ini pun sangatlah enak.

“Pemilik RM, Mak Lin, selalu memiliki ide-ide kreatifnya terhadap makanan daerah guna mengangkat ciri khas daerah Ketapang tempo dulu,” ucap Alexander.

Lebih lanjut Alexander mengucapkan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pemilik RM Djadoel yang selalu berkontribusi kepada Kabupaten Ketapang.

Menurut Alexander, kehadirannya sebagai pemerintah daerah, untuk memberikan semangat atas tumbuhnya ide-ide kreatif, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Hadiri Ritual Adat Nungkat Gumi IV Kecamatan Simpang Hulu

“Saya senang, karena hobi saya juga mengangkat nilai-nilai luhur. Bahwa orang tua kita dulu tidak kalah hebat, Ketapang ini memiliki nama besar dari sejarahnya, sehingga diabadikan menjadi nama Universitas, Kodam dan sebagainya,” ujarnya.

Alexander juga mengajak masyarakat secara bersama menjaga Ketapang dengan baik, agar selalu menjadi terdepan dan terus maju serta menjaga kenyamanannya agar menjadi rumah besar bagi semua orang.

Selanjutnya Alexander juga mengatakan, bahwa pada bulan Oktober mendatang, bersamaan dalam kegiatan napak tilas akan ada festival makan ketupat colet terbanyak se-Indonesia dengan target rekor MURI.

“Untuk itu, saya mengajak masyarakat Ketapang untuk kompak terlibat, berkontribusi pada festival makan ketupat colet terbanyak tersebut untuk nama Ketapang,” tuturnya.

Pada akhir sambutannya, Alexander menyampaikan beberapa pantun diantaranya, “Pisau tumpol pengiris dodol, jangan disimpan di atas ranjang. Pagi ini kita berkumpul di rumah makan djadoel, rumah makan andalan khasnye Ketapang“.

Baca Juga :  Heronimus Tanam Ajak Masyarakat Ketapang Tanamkan Nilai-nilai Pancasila

Kemudian, “Burung cendrawasih terbang berlima, hinggap empat di pohon rindang. Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Hj Herlina, yang selalu berupaya mengangkat ke khas Kabupaten Ketapang“.

Kemudian pantun terakhir, “Baju kuning di pakai si gundol, baju cokelat dipakai janda pirang. Selamat atas grand opening sarapan Rumah Makan Djadoel, semoga sukses dan bermanfaat bagi banyak orang“.

Untuk diketahui, RM yang beralamat di Kelurahan Kauman tersebut menyediakan sejumlah menu sarapan, seperti bubur ikan, bubur ayam, nasi sultan, ketupat colet, patlau plus sambal ale-ale, pecal tanpa lontong (pecal keladi), es jenurai dan air serbat. (Adi LC)

Comment