Kalbar Award 2023, Hadirkan Berbagai Event Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata

KalbarOnline, Pontianak – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Bara melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan menggelar ajang bergengsi Kalbar Award 2023. Ajang ini memuat berbagai event kepemudaan, olahraga dan pariwisata dalam satu rangkaian.

Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengatakan, terdapat sebanyak 14 event kepemudaan, olahraga dan pariwisata dalam Kalbar Award 2023.

“Event yang digelar perdana ini juga bakal menghadirkan berbagai kompetisi yang merebutkan Piala Gubernur Provinsi Kalbar. Disamping itu lewat event Kalbar Award 2023 juga akan menjadi wadah promosi untuk hasil ekonomi kreatif, destinasi wisata dan kuliner,” ujarnya, Rabu (24/05/2023).

Windy menjelaskan, rangkain pelaksanaan Kalbar Award 2023 sendiri akan dimulai dengan kompetisi drumband dan olahraga bersama Forkopimda pada tanggal 28 Mei.

“Untuk pendaftaran kompetisi drumband se-Kalbar akan dibuka pada 20 Mei – 11 Juni 2023. Lalu akan ada 4 sesi audisi yang dimulai pada 8 Mei mendatang,” kata Windy.

Selain kompetisi drumband, dalam rangkaian Kalbar Award 2023 itu juga akan diadakan kompetisi Kalbar Sprint Run dengan berbagai kategori. Mulai dari usia 16 – 18 tahun, usia 13 – 15 tahun, usia 10 – 12 tahun, usia 7 – 9 tahun, bahkan juga usia TK-Paud.

“Dalam pembukaan Kalbar Award 2023 juga akan diluncurkan gerakan masyarakat Kalbar Bugar Ayo Olahraga serta pemeriksaan kesehatan gratis. Gerakan ini sebagai upaya untuk membudayakan olahraga di tengah masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Dorong PGD Masuk KEN Kemenparekraf, Kadisporapar Kalbar: Ke Depan Pelaksanaannya Bisa Lebih Lama

Tak hanya kompetisi outdoor, Disporapar  Kalbar kata Windily juga akan menggelar talkshow kepemudaan, diantaranya talkshow pemuda inspiratif yang menghadirkan pemuda sukses untuk berbagi inspirasi kepada generasi muda Kalbar lainnya. Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri oleh Menpora RI sebagai salah satu narasumber.

“Kita targetkan acara ini akan diikuti sekitar 1000 peserta yang merupakan pemuda-pemudi Kalbar, yang akan diselenggarakan secara offline dan online,” katanya.

Kegiatan lainnya, yakni lomba pidato bahasa inggris antara pemuda yang pendaftarannya akan dibuka pada tanggal 20 hingga 31 Mei. Kemudian pada 20 Mei hingga 1 Juni 2023 akan dibuka pendaftaran untuk lomba olahraga kano, catur dan bridge.

“Untuk kompetisi sport tourism, kompetisi olahraga tingkat pemuda akan kita gelar di objek wisata,” tambahnya.

Selanjutnya, yang juga akan masuk dalam rangkaian Kalbar Award 2023 yakni festival seni silat. Pendaftaran silat ini akan buka pada 20 Mei – 20 Juni 2023. Sedangkan untuk perlombaannya akan dimulai dari 24 – 25 Juni 2023.

“Lalu dalam Kalbar Award 2023 juga ada lomba gerak jalan pemuda yang pendaftarannya bakal dibuka pada 20 Mei hingga 8 Juni 2023,” katanya.

Windy menerangkan, untuk gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Provinsi Kalbar juga masuk dalam rangkaian Kalbar Award 2023 yang akan dilaksanakan pada 23 – 28 Juni 2023. Selain itu, juga akan digelar kejuaraan e-sport tingkat Provinsi se-Kalbar pada 25 hingga 27 Agustus 2023.

Baca Juga :  Donasi dari Uang Kembalian Belanja Selama 2 Bulan Capai Rp 3,2 Miliar

“Kita juga membuka untuk audisi putra dan putri pariwisata Kalbar 2023, yang akan dibuka pendaftarannya secara online pada 1 hingga 14 Juni 2023,” ujarnya.

Seiring dengan itu, berbagai promosi ekonomi kreatif kuliner khas Kalbar juga akan dihadirkan pada Kalbar Award 2023 melalui Gebyar Ekraf Kalbar 2023. Kegiatan ini, terang Windy, bakal menghadirkan stand produk ekonomi kreatif dan promosi desa wisata di Kalbar serta pertunjukan seni di panggung hiburan.

“Untuk promosi kuliner khas Kalbar rencananya akan kita kemas dalam acara show masak besar bersama YouTuber Bobon Santoso yang merupakan YouTuber yang berasal dari Kota Singkawang,” katanya.

Lewat show ini, tambahnya, Disporapar Kalbar ingin memperkenalkan berbagai menu kuliner khas Kalbar. Show akan digelar pada 1 hingga 3 Juli 2023.

Tak ketinggalan, dalam Kalbar Award 2023 ini juga akan diserahkan penghargaan tingkat provinsi bagi pemuda-pemudi berprestasi, baik di bidang kepemudaan, olahraga dan pariwisata.

“Puncak Kalbar Award 2023 ini akan diserahkan hadiah dan penghargaan dari seluruh agenda Kalbar Award 2023, yang akan digelar pada 3 Juli 2023,” tutup Windy. (Jau)

Comment