Wabup Ketapang Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas 2023

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin (22/05/2023). Upacara ini dipimpin oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Farhan menyampaikan, bahwa 115 lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.

“Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908,” ujarnya.

Dikatakan Farhan, sejak saat itu ,gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur.

“Ada 3 tujuan utama kebangkitan nasional, pertama, memerdekakan cita-cita kemanusian, kedua memajukan nusa dan bangsa, dan ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Tinjau Tanggul Air Asin yang Jebol, Kelompok Tani di Desa Tempurukan Minta Segera Perbaiki

Di Masa ini, lanjut Farhan, bahwa barisan perjuangan masyarakat Indonesia harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema “Asean Matters Epicentrum Of Growth“, tuturnya.

Wabup berharap, kepada seluruh elemen masyarakat khusus di Kabupaten Ketapang, melalui peringatan Harkitnas ke-115 ini dapat dijadikan momentum untuk dimaknai sebagai upaya membangun semangat kebangsaan bangkit pasca pandemi.

“Mari kita maknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai perjuangan bersama kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas dan seluruh elemen bangsa saling berkolaborasi menerapkan nilai persatuan dan kesatuan,” ajaknya.

Baca Juga :  Rakor Terkait Inflasi: Wabup Ketapang Laporkan Soal Kondisi Jalan kepada PJ Gubernur Kalbar

Dengan adanya kolaborasi semua elemen, tentu mampu mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik sekalipun.

Wabup juga mengajak seluruh komponen bangsa agar terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukan kerja keras, kerja cerdas, kerja bersama, demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang dan harapan menjadi penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa,” tutup Farhan mengakhiri amanat Plt Menteri Kominfo RI. (Adi LC)

Comment