Tinjau Progres Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar, Sutarmidji Harap Selesai Sebelum Jokowi Berakhir

KalbarOnline, Sambas – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menyempatkan diri meninjau progres pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar (JSBB) dari sisi Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Bumi Serambi Mekkah Kalbar itu, Kamis, (18/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Gubernur sempat memberikan sedikit testimoni berupa tulisan atas permintaan PT Nindya Karya (Persero) sebagai kontraktor pelaksana.

“Lakukan percepatan dengan inovasi tanpa kurangi kualitas,” tulis Gubernur Sutarmidji dalam testimoninya.

Gubernur Sutarmidji berharap pembangunan jembatan sepanjang lebih dari 900 meter yang menghubungkan Kecamatan Tekarang ke Kecamatan Tebas itu bisa berjalan lancar. Karena sampai saat ini ia melihat proses pengerjaan masih berjalan dengan baik.

“Sampai saat ini (pekerjaannya) masih lancar. Memang ada sedikit ini, tapi minus pekerjaan itu akan tertutupi dari pekerjaan yang di pabrikasi jadi tidak masalah. Perkiraan Oktober atau November (2023), sudah surplus kembali pekerjaan,” ungkapnya.

Baca Juga :  PT Alao Kuning Berikan Bantuan Korban Banjir di Desa Sebunga Sajingan Besar

Berdasarkan kontrak pengerjaannya, pembangunan jembatan tersebut akan selesai sampai November 2024. Namun Sutarmidji berharap pengerjaan bisa selesai lebih cepat dari kontrak. Dengan harapan, maksimal di bulan September 2024 harus sudah selesai, atau sebelum masa jabatan Presiden Joko Widodo berakhir pada 20 Oktober 2024.

“Karena ini adalah wujud dari janji (presiden) Pak Jokowi saat kampanye dulu, beliau itu berjanji untuk membangun Jembatan Sungai Sambas Besar, ini sudah dilaksanakan. Saya berharap sebelum masa jabatan beliau (presiden) berakhir, jembatan ini sudah selesai agar beliau yang meresmikannya,” kata dia.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Satono Perbanyak Lembaga Tahfidz Quran di Sambas

Mantan Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Maruf Kalbar itu mengatakan, dirinya sebagai gubernur atau wakil pemerintah pusat di daerah, sifatnya hanya mengawasi perkembangan pembangunan jembatan tersebut. Apalagi dirinya memang tahu persis sejarah awal komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun jembatan tersebut, saat hadir di Kalbar pada kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Janji kampanye Presiden Jokowi di Kalbar itu, satu diantaranya adalah pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar, yang sudah 25 tahun lebih diwacanakan dan tak terealisasi.

“Itu dulu diwacanakan, tapi tak pernah diwujudkan. Alhamdulillah, saat Pak Presiden Jokowi kampanye di Qubu Resort, saya masukan Jembatan Sungai Sambas Besar sebagai materi kampanye beliau,” pungkasnya. (Jau/KalbarOnline)

Comment