Malaysia Tunggu Pemerintah RI Buka Lagi Rute Penerbangan Pontianak – Kuching

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengungkapkan, bahwa pihaknya telah merencanakan pembukaan kembali rute penerbangan Pontianak – Kuching. Untuk itu, Pemprov Kalbar pun telah menyurati Menteri Perhubungan RI.

“Kedutaan Malaysia juga ingin ada pass dari Kuching ke Jawa, Aruk, Singkawang. Dulu pernah ada dari Pontianak ke Brunei,” kata Norsan.

Hal itu disampaikan Norsan usai menghadiri undangan halal bihalal yang digelar di kediaman resmi Konsulat Malaysia untuk Kalimantan Barat, Sabtu (13/05/2023).

Dalam kesempatan itu, Wagub Norsan juga berharap, melalui silaturahmi Idul Fitri ini, hubungan antara kedua negara, Indonesia dan Malaysia, semakin baik kedepannya.

Baca Juga :  Abang Edi Suparman Jabat Sekretaris DPRD Kapuas Hulu

“Kami Pemprov Kalbar mengucapkan terima kasih banyak atas undangan dan jamuannya. Mudah-mudahan hubungan Indonesia Malaysia semakin erat,” ujarnya.

Kehadiran Wagub Kalbar kala itu disambut hangat oleh Pimpinan Konsulat Malaysia, Azizul Zekri bin Abd Rahim dan tamu kehormatan lainnya.

Di tempat yang sama, Konsulat Malaysia, Azizul Zekri menyambut baik dengan rencana pemerintah Indonesia yang akan membuka kembali penebangan antara Pontianak – Kuching tersebut.

“Untuk pesawat terbang, Alhamdulillah telah dipertimbangkan oleh pemerintah Indonesia, karena di pihak kami sudah siap sedia untuk kapan saja pesawat itu memulai operasinya dari Kucing ke Pontianak atau dari Kuala Lumpur ke Pontianak,” kata dia.

Baca Juga :  FGD Revisi Renstra, Pelantikan APHTN-HAN dan Seminar Nasional Mahkamah Konstitusi

Azizul berharap dengan terbukanya jalur penerbangan ini, akan lebih banyak lagi peluang-peluang ekonomi yang diraih oleh kedua negara, termasuk salah satunya dari sektor wisatawan.

“Kedua negara ini memiliki banyak persamaan, seperti sebelum covid dulu banyak warga Indonesia berkunjung ke Malaysia dan warga Malaysia berkunjung ke Indonesia. Jadi kita lihat peluang-peluang yang ada, contohnya dari aspek wisata,” katanya. (Jau)

Comment