Wabup Farhan Kukuhkan Kepengurusan FKUB Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan mengukuhkan kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Ketapang periode 2022 – 2027, pada Jumat (12/05/2023), di Pendopo Bupati Ketapang.

Berdasarkan Keputusan Bupati Ketapang nomor 766/BKBP tentang Penetapan Pengurus FKUB, ditetapkan sebagai Ketua FKUB Ketapang, Heronimus Tanam, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum dan Ketua DAD Ketapang.

Pengukuhan pengurus FKUB dengan tema “Membangun Harmoni dan Memperkuat Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Ketapang” ini, merupakan bentuk kesiapan dalam menjaga serta meningkatkan persatuan dan kesatuan umat beragama, khususnya di Kabupaten Ketapang.

Baca Juga :  Ini Pesan Wakil Bupati Ketapang ke PKK Desa dan Kecamatan Terlantik 2023

“Di Kabupaten Ketapang kerukunan yang telah lama terbentuk merupakan hasil ikhtiar bersama, kesadaran masyarakat Kabupaten Ketapang untuk tidak memberi ruang bagi tumbuhnya rasa intoleran dan berkembangnya benih-benih permusuhan merupakan hal positif yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Farhan saat membacakan sambutan Bupati Ketapang.

“Namun kita jangan terlena karena ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan akan tetap ada,” lanjutnya.

Wabup berharap, keberadaan FKUB di Kabupaten Ketapang hendaknya dapat menjadi wadah dialog para pemuka agama, tokoh masyarakat dan menjadi media dalam menampung aspirasi masyarakat.

Baca Juga :  Pengurus IWO Kabupaten Ketapang Terbentuk

“Forum umat beragama merupakan miniatur kebhinekaan Indonesia. Saya berharap tidak ada satupun yang ditinggalkan atau dipinggirkan,” ucapnya.

Selain itu, dikatakan wabup lagi, bahwa dalam upaya terpeliharanya kerukunan antar umat beragama, Pemerintah Kabupaten Ketapang akan terus memberikan dukungan penuh agar peran-peran FKUB dapat semakin optimal dalam menyemai nilai-nilai moderasi beragama.

“Kami mengharapkan FKUB Kabupaten Ketapang dapat melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis untuk meneguhkan nilai-nilai moderasi dan toleransi beragama,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment