Bupati Kapuas Hulu Hadiri Aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dalam Rangka Peringatan HUT IBI ke 72

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri Aksi Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat yang digelar dalam rangka peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 72, di Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kapuas Hulu, pada Kamis (11/05/2023).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Deklarasi Bumil Sehat, Aksi Bergizi, Pelayanan KB dan Pelayanan Kesehatan Terpadu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Hulu mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu dan IBI cabang Kapuas Hulu yang telah bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Disampaikan Bupati Fransiskus lagi, kalau rangkaian kegiatan aksi germas ini berupa gerakan pemberdayaan bersama masyarakat, gerakan aksi bergizi pada anak sekolah, pelayanan kesehatan terpadu pada masyarakat, gerakan ibu hamil sehat.

Gerakan aksi bergizi ini, lanjutnya, diyakini menjadi salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri, edukasi gizi yang bersifat multisektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik.

Baca Juga :  Hadiri Gawai Sandau Ari, Fransiskus Diaan: Jaga dan Lestarikan Adat Istiadat Kita

“Serta komunikasi edukasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting,” ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meninjau kegiatan Aksi Germas Hidup Sehat dalam rangka Peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 72, di Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kapuas Hulu, Kamis (11/05/2023). (Foto: Ishaq)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meninjau kegiatan Aksi Germas Hidup Sehat dalam rangka peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 72, di Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kapuas Hulu, Kamis (11/05/2023). (Foto: Ishaq)

Bupati Fransiskus mengatakan, pelayanan kesehatan terpadu ditujukan kepada masyarakat pada umumnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan agar masyarakat dapat hidup sehat dan produktif. Ini juga merupakan bukti nyata bahwa kesehatan merupakan prioritas dalam menjalani kehidupan yang berkualitas.

“Gerakan ibu hamil sehat adalah pelayanan kesehatan masa hamil ditujukan kepada semua ibu hamil melalui, pemeriksaan USG pada hamil, edukasi gerakan ibu hamil sehat dengan melakukan sarapan bersama, minum tablet tambah darah bersama serta melakukan senam ibu hamil,” katanya.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Kapuas Hulu Sosialisasikan P4GN di Kampus Polnep Putussibau 

“deklarasi ibu hamil sehat adalah komitmen bersama ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan sesuai standar selama kehamilan dan persalinan,” sambung Fransiskus.

Bang Sis–sapaan akrab Fransiskus turut menyampaikan, strategi pencapaian penurunan AKI dan AKB adalah melalui peningkatan akses pelayanan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan tata kelola–dengan salah satu upaya terobosan adalah dengan gerakan masyarakat hidup sehat dan dilaksanakan secara bertahap, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.

“Terima kasih atas kerja sama Ikatan Bidan Indonesia cabang Kapuas Hulu dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial ini, saya melihat kegiatan-kegiatan sangat bermanfaat langsung kepada masyarakat,” tuturnya.

“Pemerintah daerah akan siap mendukung pelaksanaan HUT IBI ke 72 tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas Hulu,” pungkasnya. (Ishaq)

Comment