Agar Tetap Bugar Saat Bertugas, Ratusan Personel Polres Sekadau Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala

KalbarOnline, Sekadau – Ratusan personel Polres Sekadau mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Berkala (Rikesla) yang dilaksanakan oleh Biddokes Polda Kalbar bekerjasama dengan PT Kimia Farma di Aula Bhayangkara Patriatama Polres Sekadau, Kamis (11/05/2023) pagi.

Kapolres Sekadau AKBP Suyono mengatakan, kegiatan rikesla ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas kepolisian.

“Tujuannya adalah untuk mengetahui terhadap berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan, sehingga apabila terdapat anggota yang mengidap suatu penyakit dapat sesegera mungkin diambil tindakan medis,” ujarnya.

“Upaya ini merupakan pencegahan, karena nanti akan muncul hasil diagnosa laboratorium dan rekomendasi secara lengkap, apa yang harus dilakukan oleh setiap personil yang diperiksa,” sambung Suyono.

Baca Juga :  Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Panen Raya Jagung Hibrida Milik Kelompok Tani Selalong 1

Tim Biddokes Polda Kalbar dipimpin oleh IPDA Wage Herlambang dengan beranggotakan 4 personel. Sedangkan untuk dari PT Kimia Farma beranggotakan 18 orang. Turut mendampingi dalam kegiatan rikesla, Kasi Dokkes Polres Sekadau, Aipda Indra Suryadi bersama anggota Sidokkes.

Pengecekan kesehatan berkala ini terbagi dengan 3 intensif usia, antara lain intensif I untuk yang berumur 41 tahun ke atas, intensif  II untuk yang berumur 31-40 tahun dan intensif ke III 30 tahun ke bawah.

Baca Juga :  Sebagai Bentuk Syukur di HUT ke-72 RI, Polres Sekadau Gelar Dzikir Kebangsaan Bersama Tokoh Masyarakat

Pemeriksaan kesehatan atau medical check up ini meliputi tes darah dan urine, pengecekan gigi, mata dan fisik seperti tinggi dan berat badan, pemeriksaan jantung, observasi tanda-tanda vital seperti cek tekanan darah dan nadi, pengecekan EKG, dan observasi treadmill.

Sedangkan hasil dari rikesla ini baru bisa diketahui Minggu depan dan hasilnya bisa langsung diakses oleh personel yang bersangkutan melalui aplikasi online Simala yang bisa diunduh di Google Play Store. (Jau)

Comment