Buka Manasik Haji, Ini Pesan Wabup Effendi kepada CJH KKU

KalbarOnline, KKU – Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan manasik haji yang diselenggarakan di Aula Istana Rakyat Kayong Utara, Rabu (10/05/2023).

Sebanyak 70 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Kayong Utara mengikuti kegiatan manasik haji ini.

Wabup Effendi dalam sambutannya menyebutkan, bahwa rukun Islam itu terdiri dari 5 perkara, dan rukun Islam yang ke-5 tersebut adalah menunaikan ibadah haji.

“Ibadah haji ini merupakan ibadah sekali seumur hidup dilaksanakan, dan jika dapat melaksanakannya lebih dari satu kali, ini berarti bonus dari Allah SWT,” jelasnya.

“Guna mengetahui tata cara dan pelaksanaan kegiatan ibadah haji ini, maka perlu diselenggarakannya kegiatan manasik haji,” lanjut Effendi.

Baca Juga :  Satu Calon Jemaah Haji Asal Kubu Raya Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Dirinya menyampaikan, bahwa beruntunglah bagi CJH yang telah mendapatkan kesempatan untuk beribadah ibadah haji pada musim ini, oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad berfoto bersama peserta manasik haji di Aula Istana Rakyat Kayong Utara, Rabu (10/05/2023). (Foto: Istimewa)
Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad berfoto bersama peserta manasik haji di Aula Istana Rakyat Kayong Utara, Rabu (10/05/2023). (Foto: Istimewa)

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan ini dengan menghadirkan para pemateri atau narasumber yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia penyelenggara kegiatan manasik haji,” kata Effendi.

“Maka dalam kesempatan kegiatan ini para Calon Jemaah Haji agar jangan sampai ada yang ketinggalan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut,” harapnya.

Effendi mengingatkan, bahwa dalam beberapa tahun belakangan, Indonesia bahkan dunia tidak dapat melaksanakan kegiatan ibadah haji disebabkan oleh wabah Covid-19, kendati pelaksanaan ibadah haji di Mekkah-Arab Saudi sendiri tetap dilaksanakan.

Baca Juga :  Massa Yang Tergabung Dengan AMPG 7 Menggelar Aksi di Kantor Bupati KKU, Hildi Hamid Hentikan Aktivitas PT TBMS

“Jagalah kesehatan fisik bapak/ibu semua selama melaksanakan ibadah ini, kemudian kurangi kebiasaan yang terlalu konsumtif atau terlalu banyak berbelanja di Arab Saudi nantinya, pesannya.

Dalam kegiatan ini juga, akan dilaksanakan praktek-praktek untuk menghadapi perbedaan cuaca, untuk itu kepada CJH digarapkan agar jangan sampai ada ketinggalan satu season pun dari materi yang disampaikan.

Selain CJH sebagai peserta manasik haji, kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yusnani, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kayong Utara, Najril Hijar, Kabag Kesra Setda Kayong Utara, Sapwan Noor, perwakilan Polres Kayong Utara dan OPD di lingkungan Pemkab Kayong Utara serta para undangan terkait lainnya. (Santo)

Comment