Wakil Bupati Kapuas Hulu Buka Gawai Dayak Kantu’ Makai Taon Desa Sungai Uluk

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat   membuka Gawai Dayak Kantu’ Makai Taon 2023 Desa Sungai Uluk, di Rumah Adat Dayak Kantu’ Patihmuandang, Senin (08/05/2023).

Dalam sambutannya, Wahyudi Hidayat menyampaikan, bahwa gawai Dayak merupakan acara yang pada prinsipnya menggali, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dan adat istiadat.

“Gawai Dayak dalam komunitas masyarakat adat Dayak adalah wujud rasa syukur atas apa yang telah kita kerjakan dan terima dari kemurahan tuhan sepanjang tahun,” ujarnya.

“Gawai Dayak merupakan acara yang pada prinsipnya menggali, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan dan adat istiadat khususnya sub suku Dayak yang berdomisili di Kabupaten Kapuas Hulu” jelasnya.

Baca Juga :  Meski Sudah Zona Hijau, Wabup Kapuas Hulu Imbau Masyarakat Tetap Vaksinasi dan Jaga Prokes

Oleh karenanya, Wahyudi juga menambahkan, kalau kegiatan tersebut harus menjadi ajang pelestarian budaya dalam menghadapi perubahan budaya karena modernisasi.

“Karena itu, kegiatan ini harus benar-benar menjadi ajang pelestarian budaya di tengah gejolak masyarakat kita yang hidup dengan berbagai perubahan budaya karena modernisasi, era digitalisasi dan kemajuan teknologi,” ucapnya.

Wahyudi menyebut, semua pihak diharapkan secara konsisten dapatt  menjaga keberlangsungan adat istiadat dan budaya atau peninggalan leluhur yang ada agar tidak punah.

“Menjadi tugas kita lah untuk melestarikan dan mengajarkan adat istiadat kepada generasi muda kita, agar tidak lupa akan budaya, sehingga mereka lebih mencintai kebudayaan daerah kita,” jelasnya.

Baca Juga :  Wabup Kapuas Hulu Pimpin Rombongan Safari Ramadhan ke Mentebah

Wahyudi juga berpesan agar dalam gawai Dayak kali ini dapat memunculkan ide-ide baru dan kekinian, dengan menggali budaya yang belum terekspos untuk ke depan.

“Agar semakin banyak kreativitas ditampilkan untuk masyarakat umum,  karena banyak adat istiadat dan hal unik yang menjadi harta warisan leluhur, karena Dayak sudah maju, Dayak sudah berkembang dan menjadi suku bangsa yang bermartabat di negara kita,” pungkasnya. (Ishaq)

Comment