Bersama Ketua Komisi V DPR RI dan Kapolda Kalbar, Bupati Kapuas Hulu Panen Raya Ikan Konsumsi di Desa Teluk Aur

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melaksanakan panen raya ikan konsumsi bersama Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto di Danau Lindung Pengelang, Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Minggu (07/05/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan, selain melaksanakan panen raya ikan di Desa Teluk Aur, kegiatan itu juga merupakan suatu peristiwa yang sangat penting dan bersejarah.

“Akan menjadi peristiwa bersejarah karena baru kali ini Kapolda Kalbar ikut kita melaksanakan panen raya ikan,” ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu yang karib disapa Bang Sis tersebut menuturkan, bahwa kegiatan panen raya ikan konsumsi di Danau Pengelang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Baca Juga :  2 Hari Kalbar Diguyur Hujan, Kabut Asap Akibat Karhutla Perlahan Hilang

“Dengan adanya danau lindungi sangat membantu perekonomian masyarakat, bahkan sampai bisa membangun rumah sekolah,” tutur Bang Sis.

Lebih lanjut Bupati Sis menjelaskan, terkait pengelolaan danau, pihaknya turut mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin. Karena di luar danau lindungi, banyak aktivitas masyarakat yang merugikan.

Panen raya ikan konsumsi bersama di Danau Lindung Pengelang, Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Minggu (07/05/2023). (Foto: Ishaq)
Panen raya ikan konsumsi bersama di Danau Lindung Pengelang, Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Minggu (07/05/2023). (Foto: Ishaq)

“Karena penangkapannya menggunakan cara-cara yang tidak baik (alat setrum dan seterusnya),” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa bersama pemerintah daerah dan masyarakat melakukan panen raya ikan.

Baca Juga :  Edi Kamtono Sebut Sang Istri Terkonfirmasi Positif Covid Tanpa Gejala

“Kegiatan ini yang saya tunggu-tunggu, saya mau juga pergi ke kampung-kampung,” tuturnya.

Pipit Rismanto juga mengajak masyarakat agar membantu menjaga lingkungan danau atau pun Sungai Kapuas.

“Jangan sampai ada masyarakat yang melakukan/mencari ikan dengan cara yang tidak baik, jangan sampai tercemar, agar ikan di sini bisa berkembang biak dengan baik dan kita yang mengkonsumsinya juga sehat,” sampai dia.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembagian ikan arwana sebanyak 10 ekor dari Kapolda Kalbar dan Ketua komisi V DPR-RI untuk dilepaskan di Danau Lindung Pengelang dan panen raya. (Ishaq)

Comment