Wujudkan Pontianak Sport City, Edi Kamtono Bakal Tambah Fasilitas Olahraga, Apa Saja?

KalbarOnline, Pontianak – Untuk mewujudkan konsep Pontianak sebagai sport city atau kota yang bernuansa olahraga, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berencana menambah sarana dan fasilitas olahraga di Kota Pontianak.

Hal itu disampaikan Edi saat membuka Popda Kota Pontianak 2023 di Lapangan Keboen Sajoek PSP, Selasa (02/05/2023).

Adapun gagasannya yaitu dirinya berkeinginan membangun lapangan basket di tepian Sungai Kapuas/waterfront. Selain itu, di sejumlah taman-taman kota juga akan dilengkapi dengan fasilitas olahraga panjat tebing.

Edi berharap, dengan bertambahnya sarana dan fasilitas olahraga tersebut, bisa mendorong prestasi atlet lebih maju lagi. Masyarakat juga bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk berolahraga.

“Upaya itu sebagai penghargaan kepada para atlet untuk terus menoreh prestasi, seperti yang baru-baru ini kita ketahui, di mana atlet panjat tebing asal Pontianak yakni Veddriq Leonardo berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata dunia lewat rekor tercepatnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Arsitek Muda Pontianak Juarai Kompetisi Desain Arsitektur Apartemen Tower di Dubai

Infrastruktur olahraga lainnya juga tidak luput dari perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Diantaranya cabang olahraga (cabor) renang. Fasilitas untuk cabor itu dinilainya sudah baik, tinggal bagaimana meningkatkan prestasi atlet-atlet potensial.

“Perlu pelatih berskala internasional juga. Potensi selalu ada, cuma keberlanjutan latihan kurang. Kita perlu belajar dan bersaing dengan atlet nasional, sehingga menjadi motivasi untuk lebih maju, tak kalah pentingnya dukungan orang tua juga sangat diperlukan,” kata Edi.

Gaung Pontianak sebagai sport city sudah muncul sejak tiga tahun silam. Ide itu datang dari Wali Kota Edi Kamtono yang ingin menjadikan olahraga sebagai kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, Edi mengajak seluruh masyarakat, baik mereka yang memiliki profesi sebagai atlet maupun warga yang awam dengan dunia olahraga untuk mulai membiasakan diri berolahraga.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemkot Pontianak Evaluasi Standar Pelayanan Minimal

Menurutnya, banyak manfaat yang bisa didapat dari olahraga seperti penghilang stres dan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Terpenting adalah membentuk mental juara.

“Warga Pontianak harus sehat-sehat dengan rajin berolahraga. Ingat, olahraga itu berbeda dengan beraktivitas seperti biasa. Olahraga harus disempatkan dan fokus. Lebih baik lagi dijadikan kebiasaan,” katanya.

“Saya yakin jika semua orang olahraga rutin, usia harapan hidup meningkat, sehingga meningkat pula indeks kebahagiaan masyarakat,” tutup Edi. (Jau)

Comment