Sekda Kalbar Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Nasional

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menghadiri rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah secara nasional yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian secara virtual dari Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (03/05/2023).

Keikutsertaan Sekda Kalbar itu turut didampingi Asisten II Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Ignasius dan Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar, Frans Zeno.

Mendagri Tito dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa rapat kali ini guna mengevaluasi ketersediaan pangan pada bulan April yang dinilai cukup baik dan secara umum mengenai harga juga relatif baik.

Baca Juga :  Suib Siap Daftarkan Diri Jadi Orang Pertama di Kalbar yang Divaksin Covid

“Tapi di beberapa daerah dari hasil pengecekan ada yang naik, artinya ada variatif, oleh karena itulah diharapkan  tiap-tiap daerah tolong dicek betul daerah masing-masing,” katanya.

Tito juga meminta daerah-daerah untuk berkoordinasi dengan sejumlah lembaga terkait data. Hal itu menurutnya sangat berguna bagi daerah untuk mengambil langkah-langkah antisipasi ke depan.

Baca Juga :  Volume APBD Kota Pontianak Naik 0,14 Persen

“Ambil juga data dari BPS, Badan Pangan, Kementerian Pertanian, Perdagangan dan juga dari paparan Wasatgas Pangan Polri untuk di analisis di tiap daerah masing-masing,” katanya.

“Termasuk klasifikasi yang menurut komoditas misalnya bawang merah, minyak goreng, beras atau termasuk yang klasifikasinya naik, sehingga bisa melakukan langkah-langkah intervensi,” jelasnya. (Jau)

Comment