Bupati Fransiskus Buka Kegiatan Orientasi PPPK Menggunakan Sistem MOOC

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka kegiatan Pengarahan Umum Pelaksanaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan pemerintahannya, Rabu (02/05/2023), di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu.

Kegiatan tersebut tutut mengawali kegiatan orientasi PPPK dengan menggunakan sistem Massive Open Online Course (MOOC) di Lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.

“MOOC ini adalah program pelatihan mandiri untuk para calon PPPK secara online kepada panitia penyelenggara, saya ucapkan selamat bekerja dan bertugas,” kata Bupati Fransiskus dalam arahannya.

Fransiskus menilai, sejalan dengan upaya membentuk sosok aparatur sipil negara yang berintegritas, profesional, jujur dan antikorupsi serta sebagai abdi masyarakat, kehadiran sebuah orientasi merupakan salah satu metode untuk menjembatani kesenjangan antara kemampuan riil aparatur dengan kompetisi jabatan yang dipersyaratkan.

Baca Juga :  Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja Kapuas Hulu 2022, Fransiskus Diaan: Semua Harus Serius

“Seperti kegiatan orientasi yang akan bapak ibu ikuti. Orientasi ini merupakan salah satu agenda yang menjadi syarat utama bagi seorang aparatur sipil negara,” katanya.

“Sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, bahwa instansi Pemerintah wajib melaksanakan orientasi PPPK dalam rangka pengenalan tugas dan fungsi ASN serta pengenalan nilai dan etika pada instansi Pemerintah,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :  Bangga Atas Capaian Perajin Tenun Sidan di INACRAFT 2022, Fransiskus Diaan: Kita Akan Bantu Cari Pangsa Pasar

Fransiskus menyatakan, sosok PPPK yang ideal, diwujudkan dengan sikap perilaku yang penuh dengan kesetiaan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional sadar akan tanggung jawabnya, mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa untuk dapat membentuk sosok seperti yang dimaksud.

Oleh karenanya, dirinya berharap kepada para peserta agar mengikuti pengarahan orientasi ini dengan sungguh-sungguh.

“Dan marilah kita bersama sama-sama mendoakan semoga kegiatan pelaksanaan pengarahan umum orientasi PPPK ini bisa berjalan dengan lancar, sukses serta senantiasa mendapatkan petunjuk dan bimbingan dari Tuhan Yang Maha  Esa,” pungkas Fransiskus. (Ishaq)

Comment