Donor Seribu Kantong Darah Jadi Rangkaian Hardiknas 2023 di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Berbagai rangkaian acara dan kegiatan sosial dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalbar dalam rangka mengisi peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 yang jatuh pada 2 Mei 2023.

Salah satunya yakni aksi donor darah sebanyak seribu kantong yang terselenggara atas kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalbar, di Ruang Balai Petitih Kantor Gubernur, Senin (01/05/2024). Kegiatan sosial ini akan berlangsung sampai 3 Mei 2023.

Kepala Disdikbud Provinsi Kalbar, Rita Hastarita menyampaikan, bahwa pada aksi donor darah hari pertama ini, terlihat animo para pendonor cukup tinggi, baik dari kalangan tenaga pendidik, pelajar maupun masyarakat umum.

Baca Juga :  Disdikbud Kalbar Berhasil Negerikan SMAS Rahadi Osman Pontianak

“Kegiatan ini merupakan gerakan kemanusiaan yang kita kolaborasikan dengan para  tenaga kependidikan dan pelajar, serta bekerjasama dengan PMI Provinsi Kalimantan Barat,” katanya.

Terkait dengan tema Hardiknas 2023, Rita menjelaskan, merujuk pada Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Kepala Disdikbud Provinsi Kalbar, Rita Hastarita di sela-sela kegaitan donor darah bersama PMI Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Kepala Disdikbud Provinsi Kalbar, Rita Hastarita di sela-sela kegaitan donor darah bersama PMI Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Selain donor darah, kegiatan lainnya juga digelar dalam rangka Hardiknas yang akan berlangsung sampai 3 Mei 2023, diantaranya yakni Expo Kreativitas Siswa, Pagelaran Tari Profil Pelajar Pancasila oleh 5.500 peserta, Lomba Tari Profil Pancasila kategori guru dan pelajar,” katanya.

Baca Juga :  Demi Kemanusiaan, 170 ASN Pemkot Pontianak Ikut Donor Darah

“Kemudian ada Atraksi Drumband oleh 240 pelajar, Pentas Kreativitas Seni dan Budaya Siswa Kalbar. Kegiatan-kegiatan ini juga dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Kalbar,” terang Rita menambahkan.

Sementara untuk puncak acara peringatan Hardiknas 2 Mei 2023 sendiri akan dibuka langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji di Halaman Kantor Gubernur.

“Pada 2 Mei 2023 nantinya, akan ada 5.500 penari yang melibatkan tenaga pendidikan dan pelajar di Provinsi Kalbar dalam menampilkan Pagelaran Tari Profil Pelajar Pancasila yang mana akan masuk dalam Rekor Muri,” katanya. (Jau)

Comment