Persaudaraan Sambas Serantau Bakal Gelar Halal Bihalal Akbar di PCC

KalbarOnline, Pontianak – Persaudaraan Sambas Serantau (PASS) akan menggelar acara halal bihalal akbar atau Tumpahan Salok 2023 di gedung Pontianak Convention Center (PCC), pada Minggu tanggal 21 Mei 2023.

Ketua PASS, Manto Saidi menyampaikan, halal bihalal atau Tumpahan Salok ini merupakan tradisi masyarakat Sambas dalam rangka memeriahkan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Tujuannya adalah untuk bersilaturahmi dengan para kerabat dan sahabat sembari menikmati hidangan.

“Dalam acara inilah orang-orang yang sudah lama tak bertemu akan kembali bertatap muka. Saling bermaafan. Yang belum kenal akan menjadi kenal,” ujarnya, Kamis (20/04/2023).

Baca Juga :  Wahyudi Hidayat Hadiri Halal Bihalal Masjid Besar Assa'dah Kecamatan Embaloh Hilir

Manto Saidi memungkinkan, acara ini bakal dihadiri oleh sekitar 2 ribuan masyarakat Sambas yang berada di perantauan di berbagai daerah.

“Kami mengundang semua masyarakat Sambas yang ada di perantauan, (misalnya) Pontianak, Kubu Raya, dan sekitarnya, bahkan dari luar Kalimantan Barat untuk hadir berkumpul bersama,” sampainya.

Ketua Panitia Tumpahan Salok 2023, Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan, bahwa kegiatan ini juga akan diisi dengan berbagai hiburan kesenian masyarakat Melayu Sambas oleh seniman-seniman Sambas.

“Selain itu, PaSS juga akan memberikan penganugerahan kepada tokoh-tokoh yang berjasa untuk kemajuan Kalbar, khususnya Sambas, dalam berbagai bidang,” katanya.

Baca Juga :  Kemenkumham Kalbar Gelar Pengantar Tugas Kepala Divisi Keimigrasian Tato Juliadin Hidayawan

Lebih lanjut Zulfydar Zaidar menjelaskan, kalau PaSS sendiri merupakan paguyuban Melayu Sambas yang berpusat di Pontianak. Paguyuban ini berdiri untuk tujuan menjaga tali persaudaraan sesama orang Sambas di perantauan, sembari melestarikan tradisi dan budaya dari nenek moyang.

“Dari data kami ada 87.000 orang Sambas yang ada di Pontianak dan Kubu Raya. Kami tidak tahu di luar data itu, mungkin lebih. Sehingga kami merasa perlu ada wadah untuk mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan,” ujarnya. (Jau)

Comment