Pemprov Apresiasi Polda Kalbar Sukseskan Mudik Gratis 2023

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Harisson menyatakan, mewakili Pemerintah Provinsi Kalbar, dirinya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat, wabil khusus kepada Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto, yang turut mensukseskan kegiatan program Mudik Gratis Khatulistiwa 2023.

“Terima kasih kepada Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto, yang telah menginisiasi dan membantu penuh penyelenggaraan mudik gratis tahun ini,” ucap Harisson kepada awak media, Minggu (17/04/2023).

Harissson menyampaikan bahwa program mudik gratis ini baru pertama kalinya dilakukan. Dengan adanya dukungan pihak kepolisian dan lainnya, ia berharap program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Insya Allah tahun-tahun ke depan kami akan (rutin) selenggarakan lagi,” tuturnya.

Seperti diketahui sebelumnya, terdapat sedikitnya 31 bus yang disiapkan dalam program mudik gratis kepada masyarakat yang hendak mudik atau pulang kampung antar wilayah kabupaten kota di Provinsi Kalbar tahun ini.

Baca Juga :  Operasi Lilin Kapuas 2022 Berakhir, Pergantian Malam Tahun Baru di Kalbar Berjalan Kondusif

Adapun total 31 bus yang disiapkan itu terdiri dari 19 bus milik Damri dan 11 bus dari polres-polres yang ada se-Kalbar di bawah koordinasi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalbar.

“Ini inisiasi Polda Kalbar bekerjasama dengan Pemprov Kalbar, Damri, Jasa Raharja dan Bank Kalbar,” terang Harisson.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji telah mengatakan, kalau fasilitas mudik gratis yang diberikan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang akan mudik pada lebaran Idul Fitri 1444 H tahun ini.

“Karena mudik kali ini diperkirakan padat, karena waktu cuti lama,” kata Sutarmidji, Rabu (12/04/2023) lalu.

Baca Juga :  Raperda Perubahan RPJMD Pontianak Selaraskan Kondisi Riil

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kalbar, Y Anthonius Rawing menjelaskan, awalnya program ini diadakan dalam rangka memperlancar arus mudik agar bisa tertangani. Program ini lalu dikerjasamakan dengan pihak-pihak terkait, seperti Bank Kalbar dan Jasa Raharja.

“1.000 warga diberangkatkan, kemudian Polda menyiapkan (tambahan) 11 bus, untuk memberangkatkan warga (mudik) ini,” terangnya.

Sebagai informasi, secara seremonial, bus-bus yang mengangkut rombongan para pemudik ini akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Kalbar di Mapolda Kalbar pada Rabu tanggal 19 April 2023 pukul 08.00 WIB.

“Untuk pelepasan mudik gratis direncanakan pada 19 April 2023 pukul 08.00 WIB di Mapolda Kalbar dan akan dilepas oleh Bapak Gubernur bersama Kapolda Kalbar,” kata Kabid Angkutan Jalan Dishub Provinsi Kalbar, Untung Suwarto. (Jau)

Comment