Wabup Ketapang Hadiri Tradisi Penyalaan Keriang Bandong dan Festival Meriam Karbit di Kauman Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan didampingi Wakil Ketua TP PKK Ketapang, Ervani Masitha Farhan menghadiri kegiatan tradisi Penyalaan Keriang Bandong dan Festival Meriam Karbit yang disertai dengan pemberian  santunan anak yatim piatu, Rabu (12/4/2023), di masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong.

Dentuman meriam karbit saling bersahutan sepanjang tepian sungai pawan Ketapang, sebagai penanda masuknya waktu Maghrib sekaligus sebagai waktunya untuk berbuka puasa bagi masyarakat Ketapang.

Baca Juga :  Tutup MTQ Desa Kinjil Pesisir, Wabup Hadiahkan Umroh kepada Salah Satu Juara

Tradisi ini terus dilestarikan oleh masyarakat Ketapang, khususnya masyarakat sepanjang tepian sungai pawan Ketapang, pada saat bulan suci Ramadhan.

Pada kegiatan tersebut, wabup mengatakan bahwa tradisi ini tidak hanya ada di Kabupaten Ketapang, tetapi juga ada di beberapa wilayah lain.

“Tentunya tradisi ini, tradisi yang baik dan sangat positif, karena memiliki makna dan nilainya tersendiri” ucap Beliau.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Hari Berkabung Daerah, Wabup Ketapang Ajak Anak Muda Maknai Semangat Pejuang Terdahulu

Lebih lanjut, wabup menyambut baik kegiatan Penyalaan Keriang Bandong dan Meriam Karbit yang telah diinisiasi oleh Lawang Kekayun bersama remaja Masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman tersebut.

“Saya berharap, tradisi ini dapat terus di lestari kan, sebagai khasanah kebudayaan melayu Ketapang, serta dapat diturun temurunkan ke generasi-generasi selanjutnya,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment