Sutarmidji Harap Pengganti Pangdam XII Bisa Teruskan Capaian Mayjen TNI Sulaiman Agusto

KalbarOnline, Pontianak – Mayjen TNI Sulaiman Agusto telah mengakhiri jabatannya sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, pada Rabu (29/03/2023) lalu.

Pergantian jabatan itu sesuai dengan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Menanggapi hal itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji menyampaikan apresiasi kepada Mayjen TNI Sulaiman yang selama kepemimpinannya sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura banyak sekali program-program yang dikolaborasikan dengan Pemprov Kalbar berhasil dicapai.

“Sejak menjabat pada 29 September 2021 lalu telah banyak program yang sukses dikolaborasikan bersama Kodam XII/Tanjungpura di bawah kepemimpinan Mayjen TNI Sulaiman Agusto,” sebutnya, pada Selasa (11/04/2023).

Program yang paling menonjol yang sukses dikerjasamakan tersebut antara lain program desa mandiri dan bakti TNI yang menyasar pada pembangunan fisik di wilayah-wilayah tertentu yang umumnya jauh dari jangkauan.

Baca Juga :  Ajak Generasi Muda Kembangkan Industri Kreatif

“Program utama kita yang sukses yakni desa mandiri itu kerjasama dengan Kodam XII/Tanjungpura, kemudian banyak hal juga kita terbantu, seperti program bakti TNI,” ungkapnya.

 “Bayangkan Jalan Perawas itu, sedikit lagi (selesai), kalau itu jadi, maka dari Pontianak ke Kayong Utara bisa menghemat waktu 3,5 hingga 4 jam, itu program bakti TNI,” tambah Sutarmidji.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KalbarOnline.com (@kalbaronline)

Oleh karenanya, Sutarmidji pun berharap agar pengganti Mayjen TNI Sulaiman nantinya bisa meneruskan capaian dan kolaborasi yang telah terjalin antara Kodam XII/Tanjungpura dengan Pemprov Kalbar selama ini. Terutama dalam berbagai bidang pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat di Provinsi Kalbar.

“Saya berharap pengganti beliau bisa meneruskan yang sudah kita capai bersama Kodam XII/Tanjungpura di bawah kepemimpinan Mayjen Sulaiman Agusto,  mudah-mudahan beliau sukses ditempat tugas yang baru,” tutup Sutarmidji.

Seperti diketahui sebelumya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 219 perwira tinggi dan menengah di tiga matra TNI (Darat, Laut dan Udara), pada Rabu (29/03/2023).

Dari ratusan perwira tinggi dan menengah TNI yang dimutasi tersebut, salah satunya adalah Pangdam dan juga Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura.

Dalam salinan dokumen bernomor: Kep/338/III/2023 tersebut, posisi Pangdam XII/Tanjungpura selanjutnya diisi oleh Mayjen TNI Iwan Setiawan yang sebelumnya menempati posisi Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Sementara Mayjen TNI Sulaiman Agusto sendiri bergeser menjadi Perwira Staf Ahli Tk III Kepala Staf AD Bidang Ekonomi, Keuangan dan Perdagangan (Ekkudag) dalam rangka persiapan pensiun. (Jau)

Comment