Masih di Singkawang, Sutarmidji Lepas 600 Paket Bansos Pangan Untuk Dua Kecamatan

KalbarOnline, Singkawang – Masih dalam rangkaian agenda Safari Ramadhan Gubernur Kalbar di Kota Singkawang, Sutarmidji turut menyerahkan sedikitnya 600 paket bantuan sosial (bansos) pangan untuk dua kecamatan, Singkawang Utara dan Singkawang Tengah.

Secara simbolis, bantuan masing-masing 300 paket untuk tiap kecamatan itu dilaksanakan di kantor camat masing-masing. Penyerahan itu turut dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Singkawang, Sumastro.

Dalam sambutannya, Gubernur Sutarmidji menyampaikan, bahwa bansos pangan yang terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, susu, kopi dan mie instan per paketnya itu diserahkan dalam rangka pengendalian dan mitigasi dampak inflasi.

“Ini dalam rangka penanganan inflasi, inflasi ini penting diperhatikan karena kalau terlalu tinggi dapat mengurangi daya beli masyarakat, yang kemudian bisa membuat angka kemiskinan bertambah,” ungkapnya di sela-sela kegiatan tersebut, Minggu (09/04/2024).

Sutarmidji menyebutkan, kalau kuota bantuan paket bahan pangan dari Pemprov Kalbar itu memang tidak banyak. Untuk seluruh Kalbar hanya disediakan sebanyak 43 ribu paket bantuan.

“Jadi yang dapat ini benar-benar mereka yang membutuhkan (kurang mampu), tapi dari seluruh warga kurang mampu itupun belum semua bisa kebagian,” ucapnya.

Meski demikian, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir karena ada beberapa program lain yang dilaksanakan pemerintah yang sejalan dengan program tersebut. Seperti khusus untuk beras, kata dia, pemprov lewat Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha juga rutin menggelar operasi pasar. Yang mana dalam pelaksanaannya, Perumda Aneka Usaha menjual beras dengan harga Rp 9.500 per kilogram, yang sudah disubsidi pemprov sekitar Rp 2 ribu per kilogramnya.

Baca Juga :  Reformasi 20 tahun lalu dan sejumlah langkah mundur demokrasi Indonesia

Semua itu menurutnya sebagai upaya untuk menahan atau menjaga kestabilan agar tidak terjadi kenaikan harga beras di pasaran.

Alhamdulillah inflasi bulan lalu kita (Kalbar) masih rendah di angka 0,08, biasanya kalau rendah kita dapat insentif (dari pusat). Tahun lalu kita dapat, kita kembalikan lagi ke masyarakat lewat program bantuan seperti ini,” terangnya.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama masyarakat di sela-sela seremonial penyerahan paket bansos pangan secara simbolis di Kota Singkawang, Minggu (09/04/2023). (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama masyarakat di sela-sela seremonial penyerahan paket bansos pangan secara simbolis di Kota Singkawang, Minggu (09/04/2023). (Foto: Jauhari)

Ditambah lagi, dalam waktu bersamaan dirinya sekaligus meluncurkan program bantuan pangan untuk masyarakat. Khusus untuk Kota Singkawang, peluncurannya dilaksanakan di Gudang Bulog Singkawang, Jalan Alianyang, Minggu (09/04/2023) siang.

Sutarmidji menjelaskan, bantuan tersebut merupakan program pemerintah pusat lewat Badan Pangan Nasional (Bapanas), Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Bantuan berupa beras yang data penerimanya sudah ditentukan oleh Bapanas itu dialokasikan untuk 360.371 Kepala Keluarga (KK) atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kalbar,” katanya.

Baca Juga :  Daripada Melarang, Sutarmidji Sarankan Pemerintah Atur Tata Niaga Kratom

“Untuk Kota Singkawang ini ada 14.507 KPM yang dapat. Jadi masing-masing penerima (KPM), setiap bulan mendapat 10 kilogram beras, selama tiga bulan. Selain membantu masyarakat, ini juga dapat mengendalikan inflasi dari harga beras,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menyampaikan rasa syukur karena masyarakat Kota Singkawang bisa bertemu kembali dengan sang gubernur. Di mana dalam kesempatan kali ini, selain safari atau silaturahmi Ramadhan, kedatangan orang nomor satu di Kalbar itu juga sekaligus membawa paket bansos bahan pangan.

“Kami doakan Pak Gubernur sehat wal afiat dan dapat memimpin Kalbar menjadi provinsi yang kompetitif, memiliki daya saing dan upaya yang terukur mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Sekedar informasi, bahwa kehadiran Sutarmidji di Kota Singkawang ini merupakan salah satu rangkaian dari Safari Ramadhan Gubernur Kalbar ke sejumlah kabupaten dan kota di wilayah pantai utara provinsi ini.

Setelah dari Singkawang, gubernur direncanakan akan bertolak ke Kabupaten Sambas.

Dalam Safari Ramadhan ini, gubernur turut didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar, Harisson, Direktur Utama (Dirut) Bank Kalbar, Rokidi dan beberapa kepala perangkat daerah (dinas) lainnya. (Jau)

Comment