Windy Matangkan Persiapan Venue Cabor Panjat Tebing Menuju Popda 2023

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari terus mematangkan persiapan dalam upaya mensukseskan gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2023.

Salah satunya lewat agenda “Kepo Talk” yang membahas persiapan venue panjat tebing menuju gelaran Popda 2023. Kegiatan yang menggandeng Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalbar tersebut digelar pada Kamis (06/04/2023).

Windy menyebut, berbagai persiapan yang dilakukan Disporapar Kalbar sejak awal merupakan bukti komitmen kuat pihaknya untuk mencetak bibit atlet unggulan Kalbar sejak dini. Termasuk lewat gelaran Popda Provinsi Kalbar yang diikuti atlet berstatus pelajar aktif dengan batas usia maksimal 18 tahun dari kabupaten kota se Kalbar.

Baca Juga :  Tanggapi Kabar Penunjukan Sekda Kalbar Jadi Pj Gubernur, Ketua DPRD: Kita Harus Pakai Informasi Resmi

“Popda ini salah satu ajang untuk mencari bibit atlet potensial untuk dibina dan disiapkan dalam rangka keikutsertaan Provinsi Kalbar pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Provinsi Sumatera Selatan 2023,” kata Windy.

Ia mengungkapkan, kalau Popda Provinsi Kalbar sendiri direncanakan bakal digelar pada 15 hingga 19 Juni mendatang di Kota Pontianak. Berbagai cabang olahraga bakal dipertandingkan pada ajang tersebut diantaranya atletik, karate, renang, panahan, taekwondo, wushu, kempo, balap sepeda, panjat tebing dan angkat besi.

Dikatakan Windy lagi, bahwa ajang tersebut rencananya juga bakal menggunakan venue pertandingan di kawasan Gelora Khatulistiwa Pontianak. Diantaranya Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, GOR Pangsuma, GOR Akcaya, Kolam Renang JC Oevang Oeray dan Venue Panjat Tebing Mapala Universitas Tanjungpura (Untan).

Baca Juga :  Kolaborasi Semua Pihak Cegah Prostitusi Anak

“Popda Provinsi Kalbar 2023 mengusung tema ‘disiplin dan sportif merupakan langkah awal meraih prestasi’,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, gelaran Popda Provinsi Kalbar 2023 juga merupakan bagian dari sistem kompetisi olahraga pelajar yang berjenjang dan berkelanjutan pada tingkat daerah. Terutama menuju Popnas sebagai puncak ajang pelajar yang tertinggi tingkat nasional.

Windy bahkan berharap, atlet-atlet Provinsi Kalbar mampu memanfaatkan momentum ini sebagai bagian upaya peningkatan prestasi olahraga di tingkat Asean School Games dan di ajang olahraga lainnya.

“Lewat event Popda Provinsi Kalbar 2023 ini kita harapkan muncul bibit-bibit atlet berprestasi yang bakal mengharumkan nama Kalbar pada kancah nasional bahkan dunia,” tutup Windy. (Jau)

Comment