5 Tradisi Unik Jelang Ramadhan di Kalbar, Apa Saja?

KalbarOnline, Pontianak – Bulan Ramadhan merupakan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia termasuk Indonesia. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, kemeriahan menyambut Ramadhan sangat terasa.

Menjelang bulan Ramadhan seperti ini, banyak tradisi unik dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Provinsi Kalbar. Tradisi tersebut sesuai dengan adat istiadat turun temurun dari masing-masing daerah yang tetap dilestarikan hingga saat ini.

Tradisi tersebut mulai dari ziarah kubur, bermain meriam karbit, sedekah nasi dan sebagainya.

Baca Juga :  Sah! Megawati Umumkan Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP 2024

Berikut ini ulasan KalbarOnline.com mengenai tradisi unik menjelang bulan Ramadhan dari berbagai daerah di Kalbar yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/3/2022).

1. Ziarah Kubur

Bulan Syakban menjelang Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam karena akan banyak masyarakat yang datang untuk ziarah ke makam sanak familinya. Mereka beramai-ramai datang untuk melakukan doa, membaca yasin maupun tahlil kepada orang tua, keluarga maupun kerabat yang sudah meninggal dunia.

Baca Juga :  Festival Tatung Membuat Masyarakat Dunia Tertarik ke Singkawang

Tradisi ini sangat umum dijumpai di kabupaten dan kota di Provinsi Kalbar beberapa hari atau seminggu menjelang bulan Ramadhan.

Comment