Buka Musrenbang RKPD 2024, Wabup Ketapang: Pilih Program Prioritas yang Punya Daya Ungkit

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ketapang Tahun 2024, di Hotel Grand Zuri Ketapang, pada Rabu (15/03/2023).

Dalam kesempatan itu, Wabup Farhan mengatakan bahwa musrenbang pada hari ini bukanlah sesuatu yang asing namun kegiatan ini sudah melekat sejak keberadaan Pemerintahan Kabupaten Ketapang.

“Oleh karena itu saya berharap musrenbang ini dari waktu ke waktu memiliki kualitas, mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan daerah dan hari ini mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat,” pintanya.

Selain itu, beliau menjelaskan bahwa Kabupaten Ketapang mempunyai wilayah yang luas sama dengan Provinsi Jawa Tengah dengan infrastruktur dan anggaran yang berbeda.

“Oleh karena itu, saya katakan bahwa pemerintah Kabupaten Ketapang mempunyai kemampuan yang luar biasa karena mengelola luas yang begitu besar, penganggaran yang terbatas dari waktu ke waktu memiliki kemampuan kinerja untuk melakukan pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga :  Dialogis di Beduai, Masyarakat Komitmen Menangkan dan Coblos Midji – Norsan

“Jadi, dengan musrenbang ini, kita pilih program dan kegiatan itu harus yang prioritas dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya program kegiatan yang memiliki daya ungkit,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, yang hadir memberikan arahan mengatakan, bahwa program prioritas daerah yang telah disampaikan Bappeda Kabupaten Ketapang sudah cukup baik, yakni fokus kepada peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM).

“Cukup jelas yang sudah diuraikan juga Bapak Wakil Bupati tentang arah dan kebijakan program prioritas untuk Kabupaten Ketapang,” ucap Norsan.

Lebih lanjut ia berpesan, agar dalam membuat program-program yang prioritas utamakan kepentingan masyarakat.

“Program-program pro masyarakat ini merupakan tugas kita sebagai pelaksana pemerintahan Kabupaten maupun Provinsi dengan tujuan bagaimana masyarakat kita bisa sejahtera, saya yakin kalau kita bekerjasama dengan baik semuanya, Ketapang ini akan lebih maju,” pungkasnya.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Launching MTQ ke XXX Tingkat Provinsi Kalbar di Ketapang

Sebelumnya, Kepala Bappeda Ketapang Harto yang juga Ketua Panitia Musrenbang RKPD Ketapang dalam laporannya mengatakan, bahwa pelaksanaan musrenbang ini merupakan amanat dari Permendagri 86 Tahun 2017, di mana ada tahapan-tahapan yang dilalui baik dari persiapan, penyusunan rancangan awal maupun penyusunan rancangan akhir.

“Saat ini, proses musrenbang sudah kita lalui mulai dari musrenbang tingkat desa, kecamatan dan sampai tingkat kabupaten,” jelasnya.

Tujuan pelaksanaannya yaitu dalam rangka memverifikasi menyepakati dari permasalahan pembangunan, prioritas pembangunan daerah kemudian program kegiatan sebelumnya dan pagu indikatif untuk dijadikan bahan rencana 1 (satu) tahun kedepan.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RKPD Tahun 2024 Kabupaten Ketapang.

Turut hadir Staf Bappeda Provinsi Kalbar, Forkopimda Ketapang, para Kepala OPD Ketapang, para camat, para kades, pihak perusahaan, ormas undangan dan lainnya. (Adi LC)

Comment