Bangun Sekolah Unggulan di Kapuas Hulu, Sutarmidji: Cetak SDM Unggul untuk Sokong IKN

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus dikebut pemerintah pusat di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Keberadaan IKN di Pulau Kalimantan diyakini akan berdampak pada pertumbuhan kawasan termasuk Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), khususnya Kabupaten Kapuas Hulu yang menjadi daerah paling dekat dengan IKN karena berbatasan langsung dengan Kaltim.

Berbagai persiapan terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar untuk menyokong keberadaan IKN. Diantaranya dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni lewat sekolah unggulan.

Gubernur Provinsi Kalbar, Sutarmidji menyebut, dengan keberadaan IKN maka Provinsi Kalbar harus dapat mencetak SDM-SDM unggul yang mampu menjawab berbagai kebutuhan nantinya. Maka Pemprov Kalbar bakal membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unggulan di Kabupaten Kapuas Hulu.

“SMK unggulan untuk mempersiapkan SDM kita, karena nanti IKN itu yang paling dekat, wilayah Kapuas Hulu, karena berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur. Itu mudah-mudahan bisa lewat darat,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Sis Ajak PAN Kapuas Hulu Turut Sosialisasikan Prokes ke Masyarakat

Dirinya meminta Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu untuk mempersiapkan lahan yang cukup guna pembangunan SMK unggulan tersebut. Direncanakan tahun ini SMK unggulan tersebut direncanakan lalu dimulai tahun berikutnya.

Ia menegaskan sejak sejak awal sudah berkomitmen untuk pembangunan infrastruktur pendidikan di Provinsi Kalbar.

“Kita akan lihat anggarannya, kalau bisa selesai dalam satu tahun anggaran, ya satu tahun anggaran, kalau tidak, yang jelas fungsional dulu, kemudian lanjutan,” terangnya.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengungkapkan, keberadaan sekolah unggulan ini menjadi salah satu program prioritas Gubernur Kalbar. Pihaknya telah mengajukan beberapa usulan pembangunan SMK di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Silat Hulu dan Kecamatan Seberuang.

“Karena di sana itu kami lihat memang sangat membutuhkan, karena di sana itu bisa mengakomodir dari Semitau, Suhaid dan Seberuang,” kata Fransiskus.

Baca Juga :  Protokol 3M Adalah Vaksin Covid-19 yang Paling Manjur

Terkait dengan proses kelengkapan administrasi sebagai prasyarat pengajuan usulan itu pun sudah dilakukan pihak Pemkab Kapuas Hulu kepada Pemprov Kalbar.

“Kami juga sudah menyampaikan sertifikat lahan kepada disdik provinsi. Kami harap ini bisa jadi perhatian, agar di daerah tersebut bisa ada SMK untuk mengakomodir anak-anak yang ingin masuk ke SMK, yang punya jurusan yang bisa kita fokuskan di sana,” ungkapnya.

Fransiskus juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalbar yang pada tahun ini turut dibangun SMA di Kecamatan Puring Kencana.

“Satu-satunya kecamatan yang belum ada SMA dan pada tahun ini akan dibangun. Ini salah satu bentuk perhatian pemprov kepada Kapuas Hulu,” kata Fransiskus. (Jau)

Comment