Sekda Ketapang Pimpin Ziarah Makam Keramat Sembilan Jelang Hari Jadi Ketapang ke-605

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memimpin ziarah akbar ke Makam Keramat Sembilan, di Desa Negari Baru, Kecamatan Benua Kayong, pada Jumat (10/03/2023).

Kegiatan ziarah makam ini merupakan salah satu rangkaian Peringatan Hari Jadi Ketapang ke-605 tahun 2023.

“Sejarah adalah hal penting bagi suatu bangsa. Jika suatu bangsa memiliki sejarah maka bangsa tersebut akan mudah bangkit, karena memiliki pegangan yang kuat,” ujar Sekda Alexander saat membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Lebih lanjut disampaikannya, ziarah yang dilaksanakan di tempat situs bersejarah ini merupakan sebuah refleksi tentang sejarah dan peradaban di Kota Ketapang.

Baca Juga :  Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal Ketapang Tanam Mangrove di Pulau Cempedak

“Ini sangat penting dilaksanakan agar kita dan para generasi muda mengetahui bagaimana sejarah Ketapang serta dapat menghargai jasa-jasa para leluhur yang telah membangun Ketapang ini sejak 605 tahun yang lalu,” ujarnya.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa ziarah akbar tersebut merupakan amanah Perda Ketapang Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penetapan Hari Jadi Ketapang dan Perbup Ketapang Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Peringatan Hari Jadi Ketapang.

“Ziarah ini merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur, pendahulu yang telah berjuang mendirikan Ketapang sejak 605 tahun silam,” tuturnya.

Baca Juga :  BPN Ketapang Realisasikan 5500 Sertifikat Program PTSL Tahun 2019

“Hal ini merupakan momen untuk kita meneladani sifat-sifat baik dari para tokoh pendahulu yang diwariskan kepada kita untuk mengisi dan melanjutkan pembangunan di Ketapang sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, yaitu ‘Melanjutkan Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera’,” pungkasnya.

Turut dihadiri dalam kegiatan ini Forkopimda Ketapang, para Kepala OPD Pemkab Ketapang, Ketua Dewan Mangku Ikkramat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, undangan dan lainnya. (Adi LC)

Comment