Puluhan Ribu Kader Hadiri Rakornas Hanura di Bandung, OSO: Berpihaklah pada Daerah Tapi Jangan Daerahisme

KalbarOnline, Jabar – Puluhan ribu kader Partai Hanura menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Rakornas bertema “Membangun Daerah Dengan Hati Nurani” itu berlangsung pada 2 – 4 Maret 2023.

Acara yang dihadiri oleh pengurus pusat dan 34 DPD Partai Hanura se-Indonesia ini dibuka oleh Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO). Tampak hadir pula dalam kesempatan itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, OSO menekankan kepada segenap kader untuk mencintai serta menanamkan rasa memiliki daerahnya. Karena menurutnya, bangsa ini baru bisa makmur ketika daerahnya sudah makmur.

“Bila seluruh daerah sejahtera, Indonesia bisa sejahtera. Karena kebahagiaan itu adanya di daerah-daerah,” ujarnya.

OSO turut memuji pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo yang telah banyak membangun infrastruktur di daerah-daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat. Kendati ia menilai, bahwa masih banyak pemerintah daerah yang seolah kurang menangkap sinyal-sinyal pembangunan untuk mensejahterakan daerahnya sendiri.

“Karena saya sudah mengelilingi daerah, hampir rata. Saya dari dulu berada di kelompok pembangunan politik daerah. Saya pernah di utusan daerah, di fraksi daerah, dewan pimpinan daerah. Hanya dengan daerah, Indonesia akan maju,” jelasnya.

Baca Juga :  Anies Sindir Program Food Estate Singkong yang Hanya Untungkan Kroni dan Tanpa Hasil

Oleh karenanya, sambung OSO, sejak awal Partai Hanura sangat konsen memperhatikan kemajuan daerah supaya pembangunan dapat merata.

“Tentu seseorang akan bangga bila daerahnya masing-masing terjadi perubahan ke arah kemajuan. Berpihaklah pada daerah tapi ingat jangan daerahisme,” pesannya.

Selain soal pembangunan daerah, dalam kesempatan itu, OSO turut menyinggung mengenai calon presiden yang bakal diusung oleh Partai Hanura, yang menurut dia, sosok itu bisa berasal dari daerah mana pun.

“Dari dahulu tentu calon presiden atau wakil dari daerah. Nah kalau soal siapa calonnya, nanti kita berunding dahulu,” kata mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu.

OSO menilai, bahwa saat ini masyarakat tidak bisa dibodohi lagi. Sebaliknya, masyarakat kata dia sangat paham tentang siapa sosok pemimpin yang betul-betul berpihak pada rakyat.

“Kita berada di sini membicarakan yang betul-betul menyentuh pada rakyat. Pada generasi muda yang akan menggantikan generasi penerus bangsa ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Kemendikbud Sebut Bantuan Subsidi Upah Mulai Disalurkan kepada PTK

Sementara itu, Ridwan Kamil dalam sambutannya mengucapkan selamat melaksanakan rakornas kepada seluruh jajaran Partai Hanura. Dirinya pun mengapresiasi Partai Hanura yang telah menjadikan Ibu Kota Jawa Barat sebagai tempat rakornas.

“Saya doakan juga Pak Oesman Sapta, guru kita semua untuk selalu sehat dan membimbing kita semua yang muda-muda dalam berdemokrasi,” sampainya. Ridwan Kamil juga turut mendoakan agar Partai Hanura semakin besar.

Sebelumnya, pembukaan Rakornas Partai Hanura tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh OSO dengan didampingi jajaran elit Partai Hanura dan juga Ridwan Kamil.

Rakornas partai Hanita tersebut turut diisi dengan retorika politik oleh Ketua Dewan Pakar Hanura, Bachtiar Ali, yang dilanjutkan dengan paparan langkah preventif dan preemtif pengamanan pemilu dan hasil perolehan suara oleh Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan Advokasi Partai Hanura, Dodi Suhartono Abdulkadir.

Selain itu, terdapat pula paparan terkait sukses pemilu 2024 yang disampaikan oleh Ketua Bappilu Pusat Partai Hanura, Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan, serta paparan tim seleksi pencalegan oleh Irjen Pol (Purn) Marwan Paris. (Jau)

Comment