Gandeng PMI, Bank Kalbar Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT ke-59

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memperingati HUT ke-59, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar atau Bank Kalbar menggelar bakti sosial berupa donor darah di Gedung Dana Pensiun Bank Kalbar, Senin (06/03/2023).

Aksi yang ditujukan sebagai bentuk kepedulian dan kemanusiaan itu turut menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalbar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PMI Provinsi Kalbar, Lismaryani Sutarmidji, Asisten 1 Setda Provinsi Kalbar, Linda Purnama selaku mewakili Gubernur Kalbar, jajaran Forkopimda, relawan dan lainnya.

Direktur Utama (Dirut) Bank Kalbar, Rokidi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Bank Kalbar pada setiap tahunnya.

“Donor darah yang telah digelar dalam rangka HUT Bank Kalbar merupakan bentuk perhatian kami untuk ikut dan peduli menyelamatkan jiwa orang lain. Betapa pentingnya darah dan betapa susahnya mencari darah,” ujar Rokidi.

Dalam aksi tersebut, Bank Kalbar menargetkan 500 kantong darah bisa terkumpul.

“Aksi donor darah sengaja kita laksanakan sebelum menjelang Ramadhan, karena kalau sudah lebaran, banyak masalah di situ, kolesterol naik, gula darah naik, tensi naik, ini yang menyebabkan kami menggeser HUT sebelum bulan Ramadhan,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, Rokidi turut menyerahkan 1 unit mobil operasional dan 2 unit motor operasional kepada PMI Provinsi Kalbar sebagai bentuk program tanggung jawab perusahaan (CSR) untuk membantu kegiatan kemanusiaan.

Baca Juga :  Posyandu Mekarsari Raih Penghargaan Pakarti Madya I Pelaksana Terbaik Posyandu

“Penyerahan mobil donor darah ini bentuk dukungan dari Bank Kalbar untuk PMI Kota Pontianak agar lebih memudahkan kegiatan kemanusiaan dengan membantu masyarakat yang membutuhkan di Kota Pontianak,” terangnya.

Sebelum menutup sambutannya, Rokidi turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir guna bersama-sama mendonorkan darahnya untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Serah terima bantuan CSR Bank Kalbar kepada PMI Provinsi Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Serah terima bantuan CSR Bank Kalbar kepada PMI Provinsi Kalbar. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Kalbar, Lismaryani Sutarmidji dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Bank Kalbar. Ia senang lantaran melihat tingginya antusiasme masyarakat yang ada di Kota Pontianak untuk turut serta mengikuti donor darah ini.

“Dari Bank Kalbar ini, pegawainya serta dari OPD provinsi juga ikut mendonorkan. Target Dirut Bank Kalbar itu 500 kantong. Mudah-mudahan target ini tercapai untuk hari ini,” ujarnya.

Lismaryani selanjutnya berharap, agar dalam perayaan HUT Bank Kalbar tahun depan, aksi donor darah ini bisa kembali dilakukan, namun dengan skup yang lebih luas.

“Saya juga meminta kepada Pak Dirut, dalam rangka HUT Bank Kalbar tahun depan kita mengadakan secara seluruh Kalimantan Barat dari Bank Kalbar yang ada di kabupaten/kota. Dan PMI juga yang ada di kabupaten/kota kita virtual mengadakan seperti kita dalam rangka mengadakan HUT Pemprov kemarin yang kita adakan serentak di kabupaten/kota,” sampainya.

Baca Juga :  Motivasi Siswa Kurang Mampu, Ketua TP PKK Bagikan Sepatu Sekolah

Terkait dengan stok kebutuhan darah di Kalbar, jujur Lismaryani mengaku memang sangat kurang, hal itu salah satunya disebabkan karena peminat untuk mendonorkan sangat kurang.

“Jadi kita kalau ingin mengadakan donor darah memang harus ada souvenirnya, supaya masyarakat semangat untuk mengikuti donor darah,” katanya.

Ke depan, Lismaryani juga akan memberikan penghargaan bagi para pendonor terbanyak di Provinsi Kalbar berupa pin emas.

“Tadi juga ada dari tukang ojek 121 kali, dan dia juga sudah mendapatkan pin emas di istana negara, saya berharap juga semuanya yang ada Kalbar bisa mendapatkan lebih banyak lagi dan kami PMI akan memberikan apresiasi berupa pin emas kepada pendonor darah yang telah mendonorkan darahnya 75 kali atau lebih, dengan syarat ada bukti kartunya dia mendonor, tidak bisa menyebutkan saja,” terangnya.

“Fungsi pin itu biar mereka yang lainnya bersemangat untuk mendonorkan. Jadi kami berharap masyarakat yang ada di Kalimantan Barat bisa mendonorkan darahnya untuk masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya. (Jau)

Comment