Kurangi Sampah Plastik, Edi Kampanyekan Bawa Tas Belanja Sendiri di Peringatan HPSN 2023

KalbarOnline, Pontianak – Penggunaan sampah plastik memang masih menjadi persoalan di berbagai negara termasuk Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, limbah plastik di Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun.

Tak hanya itu, sampah plastik juga membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan hingga ratusan tahun untuk bisa terurai. Akibatnya, lingkungan air, tanah dan udara menjadi sasarannya dan selanjutnya manusia. Betapa tidak, berbagai senyawa kimia yang terkandung di dalamnya bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan bagi manusia.

Sejalan dengan itu, dalam momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak seluruh masyarakat untuk mulai mengurangi penggunaan kantong plastik. Apalagi hampir setiap berbelanja berbagai keperluan, kantong plastik menjadi wadah untuk membawanya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengkampanyekan penggunaan tas belanja yang terbuat dari kain pada peringatan HPSN 2023 Kota Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengkampanyekan penggunaan tas belanja yang terbuat dari kain pada peringatan HPSN 2023 Kota Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

“Mulai sekarang saya mengajak seluruh masyarakat untuk mulai menggunakan dan membawa tas kantong belanja sendiri yang bisa digunakan secara berulang-ulang seperti tas belanja ini,” ujarnya saat menerima secara simbolis tas belanja yang terbuat dari kain bertuliskan “Say No Plastic Bag” dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Syarif Usmulyono, pada peringatan HPSN di Taman Sepeda, Minggu (05/03/2023).

Baca Juga :  Target Pendapatan Tak Realistis, Sutarmidji Sebut Mustahil Tercapai

Edi menambahkan, tas kantong belanja yang dibawa sendiri dari rumah untuk digunakan saat ingin berbelanja atau membeli berbagai keperluan, menjadi sebuah aksi atau upaya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Tas kantong belanja berbahan kain seperti yang diserahkan pada peringatan HPSN hari ini sangat praktis dan mudah dilipat sehingga memudahkan untuk dibawa.

“Jadi kalau kita ke pasar, bawa saja tas belanja seperti ini sehingga kita ikut mengurangi penggunaan kantong plastik,” katanya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Meski ada kebijakan kantong plastik berbayar, yang mana setiap orang yang ingin menggunakan kantong plastik untuk barang belanjaannya mesti membayarnya, namun bukan berarti penggunaan kantong plastik menjadi lumrah.

“Saya minta DLH Kota Pontianak bisa menggerakkan dan mengajak masyarakat menggunakan tas belanja sendiri sehingga tidak lagi menggunakan kantong plastik,” ucap Edi.

Berkaitan dengan peringatan HPSN, ia menuturkan bahwa produksi sampah di Kota Pontianak rerata hampir mencapai 400 ton per hari. Bahkan, di areal Taman Sepeda tempat penyelenggaraan peringatan HPSN ini, produksi sampah setiap harinya terutama hari Sabtu dan Minggu bisa mencapai dua kontainer sampah.

Baca Juga :  Pemprov Bangun dan Rehab Hampir 500 Rumah Warga Kurang Mampu se-Kalbar

“Ini menunjukkan produksi sampah di Kota Pontianak setiap hari makin meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk kita,” tuturnya.

Warga menerima bibit pohon pada peringatan HPSN 2023 Kota Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Warga menerima bibit pohon pada peringatan HPSN 2023 Kota Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Kota Pontianak tahun ini mendapat anugerah berupa sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan itu sebagai apresiasi dalam pengelolaan lingkungan dan ruang terbuka hijau. Berkaitan dengan pengolahan sampah, di Kota Pontianak sudah ada pengelolaan sampah organik dan anorganik. Ada alat pengolah yang diciptakan oleh manusia maupun yang diolah secara alamiah.

“Menangani sampah ini tidak hanya bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak, tetapi butuh keterlibatan peran aktif masyarakat yang ikut peduli menjaga kebersihan kota kita tercinta ini,” imbuhnya.

Pengelolaan sampah juga dimulai sejak dini terutama di lingkungan sekolah. Oleh sebab itu, Edi meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak berkolaborasi dengan sekolah-sekolah untuk mendirikan bank sampah mini supaya anak-anak sudah terbiasa mengumpulkan dan memilah sampah untuk dibuang di tempatnya serta didaur ulang.

“Dinas Lingkungan Hidup juga harus berkolaborasi dengan komunitas-komunitas penggiat lingkungan untuk bersinergi mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk membangun kesadaran masyarakat,” pungkasnya. (Jau)

Comment